logo


Sandiaga dan Djarot Sependapat Soal Warga yang Urbanisasi ke Jakarta

Selain keterampilan, Sandi juga menekankan hal yang berkaitan dengan respon pemerintah DKI Jakarta terkait urbanisasi yang terjadi. Menurutnya, perlu dilakukan adanya penguatan di sektor wirausaha.

26 Juni 2017 06:15 WIB

Sandiaga Uno.
Sandiaga Uno. Instagram @sandiuno

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno seide dengan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dalam hal kemungkinan adanya lonjakan warga yang urbanisasi ke Jakarta usai Lebaran, sebagaimana yang terjadi pada waktu sebelumnya.

Bagi Uno, adalah hal yang sah dan wajar jika ada warga yang pindah ke Jakarta pasca mudik lebaran tahun ini. Namun, dia mengingatkan agar warga yang datang ke Jakarta telah dibekali keterampilan dan keahlian khusus untuk bekerja.

"Karena, tak bisa mereka datang ke Jakarta dengan hampa tangan dan tak bisa menawarkan skill set yang dibutuhkan oleh perekonomian di Jakarta yang sangat berkembang pesat," ungkap Sandi, Minggu (25/6/2017) di Jakarta.


HUT ke-490, Ini Catatan Djarot untuk Warga Jakarta

Selain keterampilan, Sandi juga menekankan hal yang berkaitan dengan respon pemerintah DKI Jakarta terkait urbanisasi yang terjadi. Menurutnya, perlu dilakukan adanya penguatan di sektor wirausaha.

"Harus pastikan lapangan kerja tersedia dan untuk yang tak bisa bersaing harus disiapkan pelatihan menyesuaikan kebutuhan lapangan kerja," kata Sandiaga

Hal yang sama juga diutarakan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sebelumnya. Menurut Djarot, selama ini, banyak warga yang datang ke Jakarta tanpa keterampilan sehingga harus menganggur atau bahkan terpaksa bekerja di sektor informal dengan gaji yang yang mencukupi.

OPINI PUBLIK : Kecewa Beli Susu UHT ULTRA di Superindo Cabang Ronggowarsito, Solo

"Silahkan datang ke sini, tapi yang punya keterampilan di sini sehingga tidak menjadi pengangguran," kata Djarot di Balai Kota, Minggu (25/6/2017).

Ketemu Jokowi, GNPF MUI Puji Kinerja Jokowi

Djarot menerangkan, Jakarta telah mengalami kepadatan penduduk yang signifikan dari tahun ke tahun. Rata-rata pertambahan penduduk setiap tahunnya bisa lebih dari 100.000 orang.

Khatib Singgung Kasus Ahok saat Shalat Ied, Umat Bubarkan Diri

"Kami harapkan itu semakin lama semakin menurun kalau pembangunan itu merata dan banyak wilayah sehingga warga dari daerah tidak perlu ke Jakarta karena ia bisa hidup sejahtera di wilayah masing-masing," kata mantan Walikota Blitar itu.

Untuk Pendatang usai Lebaran, Ini Pesan Djarot

Halaman: 
Penulis : Marselinus Gunas