logo


Hipotermia? Ini cara mencegah dan mengatasinya

Hipotermia adalah keadaan dimana tubuh mengalami suatu tekanan yang begitu dingin, baik itu dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. Bagaimana cara mencegah hipotermia?

23 Juni 2017 13:48 WIB

blog.ideales.gr
dibaca 1762 x

Hipotermia, kita sering mendengar kata itu. Terlebih bagi seorang pendaki gunung pasti sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut. Hipotermia adalah keadaan dimana tubuh mengalami suatu tekanan yang begitu dingin, bagi itu dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. Gejala ini sering dialami bagi seorang pendaki pemula. Dimana pendaki tersebut benar-benar belum sama sekali memiliki pengalaman mengenai mendaki gunung.

Lalu bagaimana cara mencegah hipotermia ini?

Berikut langkah-langkah nya:


Transplantasi Sumsum Tulang Harus Jadi Perhatian Pemerintah, Ini Alasannya

1. Siapkan baju hangat. Hangat dalam artian dapat menyerap keringat. Membawa baju ganti itu sangat penting, karena saat mendaki badan kita bekerja dengan keras yang akhirnya mengeluarkan atau menghasilkan banyak keringat. Jadi baju ganti disini yang nantinya akan kita gunakan saat tidur.

2. Setelah kita akan tidur atau bermalam di tenda. "Jangan pernah menunggu hipotermia" maksudnya apabila kita telah berada di gunung tahap pertama yang harus kita lakukan adalah meditasi ringan. Dengan cara kita pejamkan mata, kita rasakan ketenangan atau konsentrasi, lalu hirup udara dan tahan selama kurang lebih 30 detik, biarkan udara dari luar masuk kedalam tubuh kita supaya suhu tubuh kita dapat menyesuaikan dengan suhu di gunung.

Itu tadi cara pencegahannya, sekarang kita akan membahas saat kita terkena hipotermia.

1. Saat badan telah mulai menggigil, usahakan tetap tenang,

2. Selimuti badan menggunakan kain yang hangat, walaupun kita telah memakai SB (Sleeping bag),

3. Gunakan minyak aromaterapi yang dapat menghangatkan tubuh, disini saya menyarankan untuk menggunakan minyak kampak.

4.  Apabila telah melalui tiga tahap tersebut tetapi badan kita masih menggigil parah. Disini peran orang kedua yang sangat dibutuhkan. Kita dapat melakukannya dengan transfer suhu tubuh, dengan cara kulit bertemu dengan kulit, jadi dalam kondisi tidak berpakaian. Tentunya hal ini dilakukan dengan yang sesama jenis.

5. Setelah hipotermia mulai mereda, usahakan untuk meminum minuman yang hangat.

6. Lakukan pemanasan tubuh. Dengan cara gerakan badan.

Baiklah, itu tadi sedikit mengenai tips pencegahan dan penanganan, semoga dapat bermanfaat.

 

Ditulis oleh: Restu siwi

*Tulisan ini adalah Opini Publik kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi maupun dampak yang timbul dari tulisan ini.

Ini Dia Faktor Dalam dan Luar Penyebab Kanker yang Harus Anda Ketahui

Halaman: 
Admin : Ratna Wilandari