logo


Jonan Sebut Pelanggan Subsidi Listrik 900 VA Bertambah

Data tersebut berdasarkan verifikasi yang dilakukan PT PLN (Persero) dengan Tim Nasional Percepatan dan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

21 Juni 2017 15:30 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan Jitunews/Garry Talentedo Kesawa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, menyatakan bahwa ada penambahan sekitar 2,4 juta pelanggan listrik 900 VA yang disebut perlu disubsidi.

Data tersebut diperoleh dari verifikasi yang dilakukan PT PLN (Persero) dengan Tim Nasional Percepatan dan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

"Dari hasil verifikasi yang dilakukan PLN dan Dirjen Ketenagalistrikan, ada tambahan 2,4 juga pelanggan 900 VA yang masih dalam proses verifikasi apakah masih perlu dapat subsidi atau nggak. Jika ini terjadi, maka total pelanggan yang dinyatakan dapat subsidi itu berjumlah 6,5 juta pelanggan," ujar Jonan di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (21/6).


Soal Pencabutan Subsidi Listrik, DPR Desak BPK Audit PLN

Sebelumnya, data dari TNP2K menyebutkan saat ini ada sekitar 4,1 juta warga dari total 23 juta pelanggan yang sudah terverifikasi dan berhak menerima subsidi di 900 VA.

Oleh karena itu, Jonan akan mengusulkan kepada TNP2K untuk dilakukan perubahan data.

"Kita sedang usulkan kepada mereka (TNP2K) untuk menambahkan 2,4 juta pelanggan ini. Jadi, total 6,5 juta pelanggan dalam subsidi 900 VA," terangnya.

Pencabutan Subsidi Listrik 900 VA, Roy Suryo: Kemana Suara PDIP

Halaman: 
Penulis : Garry Talentedo Kesawa, Nugrahenny Putri Untari