logo


Kementan Klaim Harga Komoditas Hortikultura Berada pada Kisaran Normal

Harga pada saat ini rata-rata stabil dan tidak ada tren kenaikan yang signifikan.

20 Juni 2017 14:08 WIB

Sayuran yang dijual pedagang di pasar tradisional Klender, Jakarta, Rabu (27/4/2016).
Sayuran yang dijual pedagang di pasar tradisional Klender, Jakarta, Rabu (27/4/2016). JITUNEWS/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Ditjen Hortikultura (Sesditjen), Sri Wijayanti Yusuf, mengatakan bahwa harga komoditas hortikultura saat ini normal. Pasalnya, stabilnya harga pangan terutama komoditas hortikultura dikarenakan ketersediaan stok pangan yang sangat cukup dan produksi petani melimpah.

"Pada saat ini, harga rata-rata komoditas hortikultura kita di pasar-pasar normal, tidak ada lonjakan harga yang signifikan," demikian kata Sri, saat melakukan konferensi pers di kantor Dirjen Hortikultura, Selasa (20/6).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa harga pada saat ini rata-rata stabil dan tidak ada tren kenaikan yang signifikan. Pasalnya, stabilnya harga tersebut merupakan dampak langsung dari peningkatan produksi.


Kementan Gandeng Bareskrim untuk Kawal Proses Panen Cabai di Kediri

"Stabilnya harga saat ini tidak terlepas dari naiknya produksi hortikultura seperti bawang merah, cabe, tomat dan tanaman hortikultura lainnya," katanya.

Ia mengatakan bahwa ketersediaan stok pangan petani saat ini sangat banyak, baik di tingkat petani maupun di gudang-gudang di pasar.

"Jadi dengan ketersediaan stok pangan yang ada, tidak akan ada kenaikan harga. Semuanya masih stabil," tambahnya.

Ia mengakui bahwa hadirnya Satgas pangan juga memberi kontribusi yang sangat besar bagi kestabilan harga pangan. Menurutnya, kehadiran Satgas pangan tersebut mampu mengendalikan perilaku nakal para spekulan yang sengaja bermain dengan harga pangan.

"Meski produksi naik, tetapi kalau tidak ada Satgas pangan, maka akan memberi kesempatan bagi para spekulan untuk bermain harga. Tetapi saat ini, dengan pengawasan yang ketat, maka harga menjadi stabil," tukasnya.

Spudnik Sujono: Sisi Makro dan Mikro Selalu Jadi Fokus Kementan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari