logo


Penuhi Pasokan Listrik di Sumbagut, MVPP Onur Sultan Siap Beroperasi

Kapal MVPP ini merupakan solusi jangka pendek untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik di Sumbagut dan juga untuk memastikan pasokan listrik dan BBM jelang Lebaran dalam kondisi aman.

20 Juni 2017 04:05 WIB

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar (ketiga dari kanan), saat melakukan kunjungan kerja ke PT. PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Belawan Sumatera Utara dan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Wilayah Sumut, Senin (19/6).
Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar (ketiga dari kanan), saat melakukan kunjungan kerja ke PT. PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Belawan Sumatera Utara dan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Wilayah Sumut, Senin (19/6). Dok. ESDM

MEDAN, JITUNEWS.COM - Kapal Pembangkit Listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan berkapasitas 240 MegaWatt (MW) siap dioperasikan untuk menyelesaikan kekurangan pasokan tenaga listrik di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

MVPP Onur Sultan ini merupakan kapal pembangkit kedua yang disewa pemerintah untuk menutupi kekurangan pasokan listrik, setelah kapal pembangkit MVPP Zeynep Sultan yang membantu kebutuhan sistem kelistrikan di Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo).

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, mengatakan bahwa kapal MVPP ini merupakan solusi jangka pendek untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik di Sumbagut dan juga untuk memastikan pasokan listrik dan BBM jelang Lebaran dalam kondisi aman.


Kapal Pembangkit Listrik Zeynep Sultan Telah Tiba di Amurang

"Seperti listrik di Sumatera Utara sebelumnya beban puncaknya dibandingkan dengan daya terpasang mungkin ada kurangnya. Dengan adanya kapal ini, pasokan bertambah menjadi sekitar 240MW. Sehingga, apa yang diharapkan masyarakat Sumatera Utara ke depannya yang katanya dulunya listriknya sering mati semoga ke depannya bisa lebih tidak seperti itu," ujar Arcandra pada kunjungan kerjanya ke PT. PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Belawan Sumatera Utara dan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Wilayah Sumut, Senin (19/6).

Saat ini, lanjut Arcandra, sistem di Sumbagut memiliki cadangan daya sekitar 212 MW (9%) atau meningkat sebesar 4%. Nantinya, akan ada kelebihan daya dari beban puncak yang ada. Dengan beroperasinya kapal ini, maka daya sistem di Sumbagut akan meningkat menjadi 2.237 dengan perkiraan beban puncak tertinggi mencapai 2.075 MW.

Hadirnya kapal pembangkit MVPP Onur Sultan ini juga sebagai bukti bahwa pemerintah sangat mendukung program-program yang menciptakan energi berkeadilan untuk rakyat.

"Sehingga narasi ke masyarakat bahwa pemerintah mengkampanyekan energi berkeadilan yang adil untuk rakyat ini adalah sebuah solusi yang sangat kita dukung. Tetapi, ke depannya kita harap ada solusi yang lebih permanen," pungkas Arcandra.

PLN Nego BBG dengan Pertamina untuk MVPP Onur Sultan

Halaman: 
Penulis : Garry Talentedo Kesawa, Riana