logo


Ketum PB ISSI Targetkan Lebih Satu Medali untuk Balap Sepeda di SEA Games Malaysia

Untuk lawan atau pesaing terberat di cabor balap sepeda sendiri, lanjut anggota Komite Manajemen ACC (Asian Cycling Committee) itu, berasal dari negara tetangga yakni Malaysia dan Thailand.

20 Juni 2017 00:28 WIB

Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari.
Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari. Dok. ISSI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), Raja Sapta Oktohari, menargetkan lebih dari satu medali emas untuk cabang olah raga balap sepeda di SEA Games ke-29 mendatang di Kuala Lumpur, Malaysia.

Untuk diketahui, perhelatan olah raga terbesar di kawasan Asia Tenggara akan dimulai pada tanggal 19 hingga 31 Agustus 2017. Sebelumnya, prestasi terbaik yang diperoleh atlet balap sepeda Indonesia pada SEA Games 2015 di Singapura hanya satu medali emas.

"Pada SEA Games di Singapura, balap sepeda hanya mendapatkan satu medali. Untuk SEA Games ini (di Malaysia) saya bisa pastikan bisa lebih dari satu emas dan medali lain," tegas Okto kepada Jitunews.com, di O2 Club, Sahid Sudirman Tower lt. 59, Jakarta, Senin (19/6).


Festival Non-Olahraga Siap Meriahkan Countdown Asian Games 2018

Menurut Wakil Presiden Konfederasi Balap Sepeda Asia (ACC) itu, kondisi fisik atlet balap sepeda Indonesia yang dipersiapkan untuk SEA Games mendatang di Malaysia hampir 90 persen. Bahkan, dari latihan di kota Solo, beberapa atlet balap sepeda mampu melewati rekor SEA Games dan Asian Games.

"Ada atlet yang kita kirim ke luar negeri seperti Ayu, Matsiroh dan Liontine. Namun, Liontine kita siapkan untuk Asian Games. Atlet lain dari hasil cek di Solo itu sudah ada yang melewati rekor SEA Games dan Asian Games. Ini bisa menjadi motivasi besar bagi atlet-atlet lain agar bisa mengejar," jelas Okto menambahkan.

Lawan atau pesaing terberat di cabor balap sepeda sendiri, lanjut anggota Komite Manajemen ACC (Asian Cycling Committee) itu, berasal dari negara tetangga yakni Malaysia dan Thailand.

"Tantangan berat berasal dari Malaysia dan Thailand. Namun, tidak boleh mengecilkan negara tetangga lainnya dalam memperebutkan semua medali," ujarnya. 

Okto kembali menerangkan bahwa sebanyak 33 atlet balap sepeda Indonesia akan dikirim ke SEA Games Malaysia dengan nomor-nomor yang sudah ditentukan.

"Memang kita sedang mempersiapkan atlet-atlet kita untuk mengikuti SEA Games di Kuala Lumpur nanti. Menurut catatan kami, jumlah atlet yang akan kita kirim masih tetap sama yakni 33 atlet dengan nomor-nomor yang sudah kita tentukan," ia menjelaskan.

"Sejauh ini, persiapannya sudah hampir 90 persen. Harapan kami, perfect peformance-nya akan dicapai pada bulan Agustus. Kita tidak bisa paksakan. Alhamdulilah, menurut catatan kami, sementara ini menunjukkan proyeksi atau potensi atlet-atlet kita mempunyai peluang yang baik," paparnya menutup pembicaraan.

PBSI Terpaksa Belah Kekuatan untuk Kejuaraan Dunia dan SEA Games

Halaman: 
Penulis : Ferro Maulana, Riana