logo


Pekan Ini Ahok Akan Dieksekusi ke Lapas Ini

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, dipastikan akan pindah dari Mako Brimob ke salah satu lembaga pemasyarakat sebelum lebaran.

19 Juni 2017 19:57 WIB

Djarot temui Ahok di Lapas Cipinang.
Djarot temui Ahok di Lapas Cipinang. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan dipindahkan dari Mako Brimob ke salah satu lembaga pemasyarakatan (LP) Cipinang atau ke LP Salemba sebelum lebaran.

Hal itu terjadi lantaran Pengadilan Negeri Jakarta Utara melalui Hasoloan Sianturi telah mengirimkan penetapan pencabutan banding kasus penodaan agama itu ke Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, Senin (19/6).

"Sudah diantarkan ke Kejari Jakut tadi," ujar Hasoloan Sianturi.


Lapas Cipinang Masih Jadi Pilihan Utama untuk 'Rumah' Ahok Selanjutnya

Setelah itu, Jaksa akan melaksanakan putusan PN Jakarta Utara yang telah menyatakan bahwa Ahok bersalah sehingga dihukum selama 2 tahun penjara. Dalam hal ini, Jaksa akan mengeksekusi mantan Bupati Belitung Timur itu dan memindahkannya ke lapas.

"Proses selanjutnya pelaksanaan putusan (eksekusi) oleh JPU," tutur Hasoloan.

Sementara itu, mantan duet Ahok dalam Pilkada DKI 2017 yang lalu yakni Djarot Saiful Hidayat menilai, pemindahan tahanan ke LP Cipinang tidak kondusif.

"Enggak kondusif menurut saya," ujar Djarot di Balai Kota Jakarta, Senin (19/6).

Djarot khawatir, pemindahan suami Veronica Tan itu ke LP Cipinang akan mengganggu ketertiban umum. Pasalnya, para pendukung akan kembali melakukan demonstrasi di depan Lapas Cipinang bila nantinya Ahok jadi dipindahkan.

LP Cipinang Dinilai Djarot Tidak Kondusif untuk Ahok

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari