logo


Wasit dan Tol Fungsional Dioperasikan Guna Urai Kemacetan Saat Mudik

Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Kepolisian akan menyediakan wasit di depan pintu tol.

18 Juni 2017 22:30 WIB

Gerbang Tol Cipali.
Gerbang Tol Cipali. setkab.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Masih terkait antisipasi dan penguraian kemacetan arus mudik 2017 di jalan tol, nantinya pihak Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Kepolisian akan menyediakan wasit di depan pintu tol. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.

Budi menuturkan dalam rapat bersama pemerintah, Kapolri memberikan arahan kepada Kapolda bahwasanya kewenangan untuk membuka tutup dari tol ini diberikan ke wasit-wasit yang ditempatkan di setiap jalan tol.

"Jadi kendalinya itu bukan dari Kapolda lagi, tetapi yang di bawah Sakorlantas. Saya melihat sistem ini sangat baik. Dan, Jasa Marga ada aplikasi tertentu yang bisa mengetahui daya dukung seperti apa jika loud di jalan tol," papar Budi kepada Jitunews.com, di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/6).


Belajar dari Mudik 2016

"Misalnya di ujung Pemalang terjadi kemacetan parah dua pintu maka ada wasit-wasit dari pihak Kepolisian yang menyatakan pintu tol itu harus ditutup atau tidak," terangnya.

Di kesempatan yang sama, Budi mengimbau kepada masyarakat yang ingin mudik dapat melakoni perjalanan mulai besok Senin (19/6) agar tidak terjebak kemacetan parah pada H-3.

"Karena, tanggal 19 Juni itu sudah libur sekolah sebaiknya yang masih mungkin mudik, mendingan mudik dulu. Sehingga ketimbang dua hari, lebih baik tujuh hari jadi lalu lintas lebih landai," imbuhnya.

Kemenhub bersama Bina Marga juga akan mulai mengoperasikan tol fungsional pada Senin jika sudah terjadi kemacetan parah di jalan tol. Tol fungsional ini lebih beroperasi pada siang hari atau malam hari jika timbul antrean panjang.

"Tol fungsional itu adalah bonus ya. Itu bisa dilakukan setelah keluar dari Brexit (Brebes Timur Exit). Terus kita kontrol secara ketat," ujarnya.

"Dalam tol fungsional itu hanya dua jalur dan jalannya juga belum maksimal. Terus exit-nya juga terbatas. Jika ada penumpukan di Cipali, kita sarankan ke pemudik itu ke Utara atau ke Selatan. Jadi buka tutup," tukasnya.

Tingkatkan Produktivitas di Pelabuhan, Menhub Sebut Ada 2 Cara

Halaman: 
Penulis : Ferro Maulana, Nugrahenny Putri Untari