logo


Mentan Minta Bulog Gencar Serap Hasil Pangan Petani

Mentan mengatakan bahwa kalau tren penurunan harga pangan ini terus berlanjut, maka sangat berdampak pada produksi petani.

17 Juni 2017 13:31 WIB

Jitunews/Siprianus Jewarut

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian(Mentan) Amran Sulaiman saat mengunjungi Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) mengatakan bahwa saat ini harga pada sejumlah komoditas pangan berangsur turun di pasar.

"Kami sudah berkunjung ke beberapa daerah memantau pasokan pangan dan harga, kami dapati harga pada sejumlah komoditas pangan mengalami tren penurunan harga, karena stok kita melimpah," demikian kata Mentan Amran Sulaiman di Jakarta, Sabtu (17/6).

Lebih lanjut, Mentan mengatakan bahwa kalau tren penurunan harga pangan ini terus berlanjut, maka sangat berdampak pada produksi petani.


Kementan Siapkan Dana 20 Miliar untuk Kembangkan Sapi Bangsa Belgian Blue

"Mungkin tahun ini belum dirasakan dampaknya, tetapi pasti kita akan merasakan dampaknya di tahun depan," demikian kata Mentan.

Mentan menceritakan bahwa sejak awal kepemimpinannya di sektor pertanian, dirinya berkomitmen kuat dalam meningkatkan produksi pangan.

"Saat ini ketika produksi meningkat, harga di pasar yang mulai turun dan bahkan di bawah harga HPP petani," katanya.

Ia menegaskan bahwa karena produksi petani saat ini melimpah, maka terjadi over supply bahan pangan di pasar dan berdampak pada harga yang terus mengalami penurunan.

Ia menceritakan untuk komoditas seperti ayam, telur, cabe keriting, tomat ada tren penurunan harga di beberapa daerah di Indonesia. Ia berharap Bulog bisa langsung menyerap hasil produksi petani tersebut.

Gelar Sidak, Mentan-Mendag Jamin Stok dan Harga Pangan Stabil Hingga Lebaran

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah