logo


Jelang Lebaran, Kemenkominfo Akan Luncurkan Aplikasi Ayo Mudik

Berbagai persiapan dilakukan jelang mudik lebaran guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

17 Juni 2017 09:42 WIB

Kemacetan saat mudik lebaran.
Kemacetan saat mudik lebaran. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COMIndonesia akan memasuki momen libur lebaran pada tanggal 23 Juni 2017 mendatang. Bisa dipastikan, akan terjadi lonjakan volume kendaraan saat mudik berlangsung. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Pemerintah guna mengantisipasi hal tersebut seperti membuka infrastruktur ruas jalan tol baru.

Selain infrastruktur, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga memberikan rekomendasi kepada calon pemudik untuk menggunakan aplikasi berbasis peta dan global positioning system (GPS) dengan nama aplikasi AYo Mudik. Aplikasi itu mengintegrasikan seluruh data yang dimiliki pemerintah.

"Mulai peta jalan dari PT Jasa Marga, peta SPBU Pertamina dari Kementerian ESDM, hingga tempat istirahat ada di sini," kata Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Noir Iza.


Antisipasi Kemacetan Saat Mudik Lebaran, Truk Dilarang Masuk Pelabuhan Merak Mulai H-4

Aplikasi semacam itu memang sudah banyak digunakan oleh masyarakat, tetapi ada perbedaan dari aplikasi yang dibuat oleh Kemenkominfo. Perbedaan terletak pada integrasi data yang menyeluruh. Bahkan pembuatan aplikasi khusus mudik itu dilakukan oleh pemerintah sejak 2 bulan yang lalu.

"Bisa dipastikan bahwa semua data di sini ada, bengkel yang ada pun tidak hanya satu bengkel dari satu merek, seperti di kebanyakan aplikasi yang memang dibuat oleh merek itu sendiri," paparnya.

Rencananya, aplikasi tersebut akan diluncurkan secara resmi pada hari Senin, tanggal 19 Juni 2017 mendatang dan dapat diunduh di sistem OS Android.

Belajar dari Mudik 2016

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari