logo


DPR Dukung Upaya Kementan Tingkatkan Produksi Bawang Putih Dalam Negeri

Peningkatan produksi bawang putih dalam negeri berguna untuk mengendalikan ketergantungan bawang impor.

16 Juni 2017 15:52 WIB

Bawang putih.
Bawang putih. Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Anggota komisi IV DPR RI Hamdani mengakui bahwa pihaknya sangat mendukung upaya Menteri Pertanian dalam meningkatkan produksi bawang putih dalam negeri. Pasalnya salah satu upaya untuk bisa mengendalikan ketergantungan pada bawang putih impor adalah dengan meningkatkan produksi dalam negeri.

“Kita sangat mendukung, kalau ada upaya peningkatan produksi bawang putih dalam negeri, karena ketergantungan Indonesia pada bawang putih impor sangat tinggi mencapai 90 persen dari total kebutuhan dalam negeri dan itu jumlah yang sangat besar,” ujarnya di Jakarta, Jumat (16/6).

Namun, Ia juga meminta kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian pertanian untuk terlebih dahulu melakukan pemetaan, terkait dengan daerah mana saja yang menjadi fokus pengembangan bawang putih dan akan menjadi sentra tanaman bawang putih tersebut.


DPR Serukan Agar Pemerintah Tegas Pada Sepekulan Nakal

“Tidak semua tempat di Indonesia adaptif dengan tanaman bawang putih, maka untuk menyukseskan program ini perlu ada langkah pemetaan yang baik dari pemerintah,”demikian katanya.

Seperti diketahui, sebelumnya menteri pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan upaya peningkatan produksi bawang putih dalam negeri.

Kementan akan mengembangkan tanaman bawang putih di atas lahan seluas 60.000 hektar pada tahun ini dan target kementan hingga tahun 2019 perluasan lahan tanaman bawang putih bisa mencapai 100.000 hektar. Wilayah yang menjadi target Kementan untuk mengembangkan bawang putih antara lain Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

DPR Apresiasi Langkah Cepat Kementan dalam Menyediakan Stok Pangan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Ratna Wilandari