logo


DPR Apresiasi Langkah Cepat Kementan dalam Menyediakan Stok Pangan

Ketersediaan beras tersebut cukup untuk memenuhi permintaan konsumsi masyarakat selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri yang akan datang

16 Juni 2017 15:43 WIB

Wakil Ketua Komisi IV DPR Daniel Johan
Wakil Ketua Komisi IV DPR Daniel Johan dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan mengapresiasi langkah cepat Menteri Pertanian dalam menjaga stok dan ketersediaan pangan dalam negeri. Pasalnya tercukupnya ketersediaan stok membuat kisaran harga pangan saat ini masih berada pada kisaran harga yang normal.

“Sampai saat ini kisaran harganya masih normal, ini lebih dikarenakan ketersediaan stok kita cukup, permintaan konsumsi masyarakat bisa tercukupi dengan ketersediaan stok pangan yang ada,” kata Daniel Johan di Jakarta, Jumat (16/6).

Lebih lanjut, Ia berharap kestabilan harga yang terjadi saat ini bisa terus dijaga dengan terus menjaga ketersediaan pasokan pangan. “Karena kalau pasokannya berkurang pasti harga langsung bergejolak di pasar,” katanya.


Pedagang Akui Sulit Menjual dengan Harga Acuan yang di Tetapkan Pemerintah

Sebelumnya menteri pertanian, Amran Sulaiman mengatakan bahwa hingga bulan Juni ketersediaan stok pangan masih sangat cukup. Untuk beras ketersediaannya mencapai 14,99 juta ton. Menurut Mentan Amran, ketersediaan beras tersebut cukup untuk memenuhi permintaan konsumsi masyarakat selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri yang akan datang.

Sementara itu untuk minyak goreng stok pemerintah hingga saat ini mencapai 8,42 juta ton, gula pasir 131,4 ribu ton, bawang merah 68.000 ton, cabe besar mencapai 29,2 ribu ton, cabe rawit 41,9 ribu ton.

Menurut Mentan dengan adanya ketersediaan stok pangan pemerintah maka harga pangan akan tetap stabil di pasar.

DPR Serukan Agar Pemerintah Tegas Pada Sepekulan Nakal

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Aurora Denata