logo


Ketika Perjuangan Damkar di Grenfell Tower London Ternodai di Medsos

Tim pemadam sampai di lokasi kejadian dalam waktu enam menit.

15 Juni 2017 07:58 WIB

Seorang petugas pemadam kebakaran di tengah-tengah proses evakuasi korban kebakaran Grenfell Tower, London, Rabu (14/6).
Seorang petugas pemadam kebakaran di tengah-tengah proses evakuasi korban kebakaran Grenfell Tower, London, Rabu (14/6). EPA/Andy Rain

LONDON, JITUNEWS.COM - Sebuah peristiwa tidak akan luput dari media sosial. Begitu pula insiden kebakaran hebat yang menimpa Grenfell Tower di London, Inggris, belum lama ini. Kebakaran hebat yang menghanguskan apartemen 24 lantai tersebut sempat menjadi trending topic di media sosial Twitter.

Banyaknya warganet yang berpartisipasi dalam berbagi informasi membuat media sosial rawan akan komentar yang tidak jelas asal-usulnya. Terlebih lagi, banyak di antara mereka yang ikut-ikutan berkomentar padahal kenyataannya tidak berada di lokasi kejadian. 

Sejumlah cuitan pedas soal tim pemadam kebakaran yang bertugas memadamkan api di Grenfell Tower pun sempat berhamburan di lini masa.


Pasar Kramat Jati Terbakar, Proses Pendinginan Masih Berlangsung Pagi Ini

"Mereka butuh waktu dua jam untuk sampai di lokasi yang jaraknya hanya dua blok," kata seorang warganet.

"Mana petugas pemadam? Kenapa lama sekali? Banyak yang terjebak di gedung," tulis warganet lainnya.

Komisioner London Fire Brigade, Dany Cotton, mengatakan bahwa tim pemadam sampai di lokasi dalam waktu enam menit setelah mendapat panggilan.

"Panggilan 999 pertama terjadi pada pukul 00.54 pagi dan tim pemadam sampai di lokasi dalam waktu enam menit untuk kemudian memadamkan api," terang Dany, dalam konferensi pers yang disiarkan dalam acara BBC Breakfast, seperti dilansir Mirror.co.uk, Kamis (15/6).

999 sendiri merupakan nomor panggilan darurat yang digunakan di Britania Raya (United Kingdom).

Dalam insiden tersebut, terdapat paling tidak 200 pemadam kebakaran yang bergantian memadamkan api dan beristirahat. 

Grenfell Tower London Terbakar Waktu Sahur, Umat Muslim Bantu Bangunkan Tetangga

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari