logo


Mentan: Kita Buka Peluang Investasi Untuk Chile di Indonesia

Mentan mengatakan bahwa peluang investasi yang ditawarkan ke Chile lebih difokuskan untuk komoditas jagung dan juga komoditas gula.

14 Juni 2017 16:33 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Jitunews/Siprianus Jewarut

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian(Mentan) Amran Sulaiman mengatakan bahwa peluang kerjasama antara Indonesia dan Chile saat ini sudah semakin terbuka lebar dan pihaknya akan memanfaatkan peluang kerjasama tersebut untuk memberi peluang kepada Chile untuk berinvestasi di Indonesia.

"Kita meminta kepada Duta Besar chile agar bisa berinvestasi di Indonesia. Peluang investasi di Indonesia sangat besar, karena kita memiliki pasar yang besar," demikian kata Mentan, Amran Sulaiman di Kantor Kementan, Rabu (14/6).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa peluang investasi yang ada kita tawarkan kepada negara sahabat seperti Chile untuk bisa berinvestasi d Indonesia.


Langkah Pemerintah Mengintervensi Pasar Sangat Tidak Tepat

Mentan mengatakan bahwa peluang investasi yang ditawarkan ke Chile lebih difokuskan untuk komoditas jagung dan juga komoditas gula.

Sementara itu dari pihak Chile meminta agar Indonesia bisa menerima anggur buah asal negara tersebut.

"Mereka minta agar anggur buahnya bisa masuk ke pasar tanah air, dan hal ini sedang kita kaji," demikian katanya.

Selain buah anggur, pihak Chile juga meminta untuk memasukan daging sapi ke Indonesia. Namun Mentan menegaskan bahwa hal tersebut akan dimungkinkan apabila harga daging sapi yang ditawarkan sesuai dengan harga yang kita tawarkan.

"Kalau harganya bisa sesuai dengan yang kita harapkan kenapa tidak,"ujarnya.

Menurut Mentan dengan dibukanya peluang impor daging sapi dari beberapa negara sahabat, mampu menekan harga daging dalam negeri, yang cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Tetapi sekarang harganya sudah bisa stabil di pasar,"tukas Mentan.

Kepada Dubes Chile, Mentan: Black Campain untuk Palm Oil Agar Dihentikan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah