logo


Jokowi Ingatkan BULOG untuk Jamin Ketersediaan Pangan Berkualitas dan Harga Terjangkau

BULOG juga memiliki peran penting agar jalur distribusi komoditas pangan bisa lancar dan rantai perdagangan tidak terlalu panjang -- sehingga kembali ke harga yang wajar.

13 Juni 2017 22:15 WIB

Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan usai pembagian sembako di Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (13/6).
Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan usai pembagian sembako di Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (13/6). setkab.go.id

 JAKARTA, JITUNEWS.COM – Presiden Jokowi menegaskan kesadarannya, bahwa negara harus berperan penting menjamin ketersediaan pangan berkualitas dengan harga terjangkau. Lanjut Jokowi, negara dalam hal ini Badan Urusan Logistik (BULOG) terus aktif melakukan operasi pasar guna mengembalikan harga-harga bahan pokok pangan ke harga yang wajar untuk berbagai lapisan masyarakat.

Untuk itu, Jokowi mengingatkan BULOG sebagai representatif negara agar dapat memastikan kebutuhan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia terpenuhi.

Selain itu, negara juga terus mendorong Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM) giat melakukan sidak terhadap bahan makanan -- agar yang dikonsumsi masyarakat berkualiatas, bebas dari bahan atau zat berbahaya.


Negara Harus Hadir Untuk Kesejahteraan Petani

”Pangan adalah soal hidup matinya bangsa,” tandas Jokowi sebagai pesan paling penting dalam rapat terbatas mengenai ”Memperkuat Peran Bulog dalam Ketahanan Pangan Nasional” di Istana Negara, Jakarta, Selasa (13/6).

Jokowi menguraikan, diperlukannya kehadiran negara untuk memastikan agar rakyat menjadi konsumen yang tidak kesulitan mendapatkan bahan pangan berkualitas dan harganya terjangkau di pasar.

BULOG juga memiliki peran penting agar jalur distribusi komoditas pangan bisa lancar dan rantai perdagangan tidak terlalu panjang -- sehingga kembali ke harga yang wajar.

”Saat ini yang diputuhkan oleh rakyat bukan hanya ketersediaan pangan, tetapi juga kualitas yang baik dan bergizi serta harganya terjangkau,” tegas Presiden Jokowi.

Kepala BULOG, Djarot Kusumayakti, mengatakan ada sejumlah usulan yang diajukan dalam rapat terbatas itu -- untuk memperkuat peran BULOG dalam ketahanan pangan. Selain itu, muncul juga usulan untuk melakukan harmonisasi kelembagaan, namun masih akan dibahas Menko Perekonomian.

"Usulan penguatan kelembagaan, penugasan, penguatan keuangan, semua sisi. Salah satunya dalam kelembagaan supaya kuat itu berlindungnya ke satu lembaga saja. Jangan terlalu banyak lembaga, “ jelas Djarot.  

Kebijakan Satu Peta Mempermudah Penyelesaian Konflik Lahan

Halaman: 
Penulis : Yusran Edo Fauzi,Marselinus Gunas