logo


THR Anda Sudah Turun? Begini Cara Bijak untuk Mengelolanya

Biasanya, setelah menerima THR Anda akan sibuk belanja dan parahnya uang THR akan cepat habis.

12 Juni 2017 16:06 WIB

Menghitung uang rupiah.
Menghitung uang rupiah. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COMMemasuki minggu kedua dan ketiga bulan ramadhan, biasanya Tunjangan Hari Raya (THR) akan turun. Bagi sebagian orang, turunnya THR merupakan pertanda bahwa ia siap untuk berbelanja keperluan lebaran.

Hal tersebut wajar dilakukan, namun jika tidak dikendalikan maka uang THR Anda akan cepat habis. Tentu saja hal itu tidak ingin Anda alami bukan? Sebaiknya camkan tips mengelola uang THR secara bijak berikut ini.

1. Susun anggaran secara rinci


Mantan Menkeu Ini Dipanggil KPK Terkait Kasus BLBI

Susun anggaran secara ketat untuk kebutuhan lebaran. Tidak perlu memaksakan untuk membeli barang yang tidak begitu diperlukan.

2. Gunakan uang gaji untuk menutup pengeluaran

Meski THR sudah turun, upayakan hanya menggunakan gaji untuk menutup semua kebutuhan. Hal ini merupakan tip untuk menghindari sifat boros. Jangan memaksakan diri untuk membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

3. Jangan lupa menabung

Selanjutnya, jangan lupa menabung sebagian THR Anda. Hal tersebut perlu Anda lakukan untuk mengantisipasi jika suatu saat Anda membutuhkan dana darurat. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.

4. Bayar Utang

Selain untuk kebutuhan lebaran, jika Anda mempunyai utang maka THR merupakan jawaban atas utang Anda. Sebaiknya lunasi terlebih dahulu utang Anda menggunakan dana THR daripada harus menanggung beban finansial yang lebih berat.

4 Cara Kelola Uang dengan Baik Meski Gaji Pas-Pasan

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari