logo


Mendag: Setiap Pelaku Usaha yang Mendistorsi Pasar Akan Ditindak Tegas

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa saat ini harga pangan di pasar sudah berada dalam kondisi normal, tidak ada kenaikan harga yang signifikan

12 Juni 2017 11:18 WIB

Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita
Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita Jitunews/Siprianus Jewarut

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita, mengatakan bahwa pihaknya akan menindak tegas setiap pelaku usaha atau pedagang yang sengaja mendistorsi pasar dengan bermain di harga pangan atau melakukan penimbunan.

“Maka setiap perilaku pedagang atau pengusaha yang sifatnya mendistorsi harga pangan di pasar apapun itu bentuknya akan kami tindak tegas. Kami tidak akan main-main dengan itu,” demikian kata Mendag di Jakarta, Senin (12/6).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa saat ini harga pangan di pasar sudah berada dalam kondisi normal, tidak ada kenaikan harga yang signifikan.


Mentan Tegaskan Ketersediaan Pangan Strategis Jelang Idul Fitri Aman

“Semuanya sudah dikendalikan dengan baik, kalau ada perilaku lain yang sengaja mendistorsi pasar yang ada akan kami tindak tegas,” katanya.

Ia menegaskan bahwa tidak ada alasan untuk sengaja menaikkan harga pangan di pasar, karena menurutnya, ketersediaan stok pangan yang saat ini dimiliki pemerintah sangat banyak.

“Stok kita cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, bahkan untuk beras, stoknya bisa memenuhi kebutuhan hingga 10 bulan ke depan,” ujarnya.

“Saat ini kondisi harga di pasar masih aman, tidak ada pergolakan harga,” tukasnya.

Wujudkan Kedaulatan Pangan, MAPAN Dukung Penuh Program Kementan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Aurora Denata