logo


Wujudkan Kedaulatan Pangan, MAPAN Dukung Penuh Program Kementan

Ketua Masyarakat Peduli Pangan Nusantara (MAPAN), Wignyo, menjelaskan bahwa sektor pertanian harus menjadi program prioritas pembangunan Nasional guna mewujudkan program nawa cita pemerintah.

9 Juni 2017 16:06 WIB

Petani membawa padi hasil panen.
Petani membawa padi hasil panen. dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Indonesia merupakan negara agraris yang mayoritas penduduknya adalah petani. Sebanyak 60 persen penduduk miskin ada di pedesaan yang sebagian besarnya merupakan petani bahkan buruh tani.

Ketua Masyarakat Peduli Pangan Nusantara (MAPAN), Wignyo, mengatakan bahwa sektor pertanian harus menjadi program prioritas pembangunan Nasional. Hal tersebut sesuai dengan amanat nawa cita pemerintahan Jokowi-JK, dengan membangun negara dari pinggiran.

“Karena itu, MAPAN berkomitmen penuh untuk selalu konsen dalam terciptanya kedaulatan pangan dan meningkatkan taraf ekonomi petani, sebagai salah satu usaha menjaga stabilitas negara,” ujarnya di Jakarta, belum lama ini.


Pasar Murah Kemendag Adalah Wujud Peduli Rakyat

Dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan stabilitas negara ini, MAPAN mendorong pembangunan pertanian dari hulu sampai hilir, terutama untuk hulu yang harus dibangun sebagai fondasi. Seperti peningkatan akses, kemudahan petani untuk mendapatkan produk hulu sebagai sarana produksi, juga pengetahuan dan kesadaran dalam menggunakan benih unggul.

“MAPAN fokus pada pemberdayaan masyarakat pedesaan agar berdaulat akan benih lokal unggul. Petani tidak lagi bergantung pada benih impor yang membuatnya menunda masa tanam. Dengan masalah benih saja, petani dipastikan sejahtera dan kedaulatan pangan pun segera terwujud,” terangnya.

Untuk itu, Wignyo menyatakan bahwa MAPAN akan siap sebagai mitra pemerintah untuk menciptakan dalam membangun dan menyediakan kebutuhan dan stok benih nasional.

"Kami juga akan melaksanakan pelatihan bagi penangkar-penangkar benih pemula dan kawasan sentra benih baru dalam memudahkan akses petani dalam memperoleh bibit unggul," tambahnya.

Disamping itu, Ketua MAPAN Jombang, Wahyu Widyanarko, juga menyatakan untuk mendukung program Kementerian Pertanian yakni swasembada padi dan jagung, sebagai komoditi unggulan Kab. Jombang.

"MAPAN Jombang terus bersosialisasi terus kepada petani agar para petani bergairah untuk bertani. Dengan begitu, petani dapat meningkatkan produksi padi dan jagung dalam volume yang lebih besar untuk mendukung ketahanan pangan nasional. MAPAN akan terus berinovasi agar para petani dapat meningkatkan produksi padi dan jagung guna mendukung program Nawacita Jokowi-JK di sektor pertanian,” cetusnya

Mentan Tegaskan Ketersediaan Pangan Strategis Jelang Idul Fitri Aman

Halaman: 
Penulis : Garry Talentedo Kesawa, Ratna Wilandari