logo


400 Ribu Supir Asal Nepal Menganggur Akibat Penguculian Terhadap Qatar

Sebagai gambaran, lalu lintas antar-kirim yang terjadi di perbatasan tersebut sedianya mengangkut segala jenis barang mulai dari kebutuhan pangan mau pun manufaktur.

8 Juni 2017 00:00 WIB

Doha, Qatar.
Doha, Qatar. istimewa

DUBAI, JITUNEWS.COM - Sikap Arab Saudi dan sejumlah negara lain yang menjadi koleganya bersikap untuk memutuskan hubungan diplomasi dengan Qatar. Tak hanya itu, negara-negara tersebut juga menutup semua akses perbatasannya dengan Qatar. Alhasil sebanyak 400 ribu supir asal Nepal terancam menganggur.

Itulah salah satu dampak yang terjadi dari memanasnya hubungan antara Arab saudi dengan Qatar. Setidaknya, kini para pengemudi alias supir truk asal Nepal dibayang-bayangi ketakutan kehilangan mata pencarian.

Seperti yang dituliskan dalam CNNMoney, Rabu (7/6) bahwa para supir asal Nepal tersebut kini sudah tak lagi bekerja. Faktor utama yang menyebabkan tak lain karena adanya penutupan akses darat di perbatasan Arab Saudi-Qatar.


Qatar 'Dikucilkan', Bagaimana Perdagangan Indonesia?

Sebagai gambaran, lalu lintas antar-kirim yang terjadi di perbatasan tersebut sedianya mengangkut segala jenis barang mulai dari kebutuhan pangan mau pun manufaktur.

Diketahui populasi supir truk dari Nepal terhitung cukup banyak, yaitu mencapai 400.000 orang. Diperkirakan banyak orang yang akan terdampak bila krisis ini berlanjut.

"Ini secara langsung akan mempengaruhi ekonomi Nepal karena sangat bergantung pada pengiriman uang asing," demikian ucap pakar tenaga kerja dan migrasi Ganesh Gurung di Kathmandu.

43 Ribu WNI di Qatar Diharap Tak Ikut Timbun Makanan

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah