logo


Nono Sampono: Generasi Muda Harus Mengawal NKRI, Pancasila, UUD 45, dan Bhinneka Tunggal Ika

Pancasila tidak bertentangan dengan apapun bahkan dengan agama, karena di dalam Pancasila disebutkan adanya ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, musyawarah dan keadilan

7 Juni 2017 19:03 WIB

Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono
Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono ajak generasi muda amalkan Agama dan Pancasila, selain itu generasi muda juga harus mengawal NKRI, Pancasila, UUD 45, dan Bhinneka Tunggal Ika, yang sekarang ini mengarah pada titik disintegrasi.

"Sekarang mulai bermunculan golongan orang-orang yang mulai merongrong eksistensi NKRI, Pancasila Kebhinnekaan dan melakukan provokasi, sehingga nilai-nilai Pancasila memudar, anak muda harus menjaga jangan sampai amnesia terhadap Pancasila," ujarnya saat membuka acara Seminar Nasional Implementasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Tumbuh Kembangnya Wawasan Kebangsaan di Universitas Islam negeri (UIN) Syarief Hidayatullah, Jakarta, Rabu (7/6).

Senator asal Maluku ini menjelaskan Pancasila bukanlah agama, tetapi Pancasila tidak bertentangan dengan apapun bahkan dengan agama, karena di dalam Pancasila disebutkan adanya ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, musyawarah dan keadilan.


Fadli Zon Masih Pertanyakan Target Pembentukan UKP Pancasila

"Sebagaimana yang telah menjadi kesepakatan para ulama, bahwa Pancasila dan Agama adalah dua hal yang tidak ada pertentangannya. Seperti yang diajarkan oleh agama, bahwa Pancasila menganjurkan kita untuk melaksanakan perintah agama, memiliki rasa kemanusiaan pada sesama, menjaga persatuan/silaturahmi, bermusyawarah, mewujudkan keadilan," jelasnya.

Dalam hal ini, dia sangat mengapresiasi terbentuknya Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) yang telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo.

"Dengan terbentuknya UKP-PIP ini, kita berharap agar 'amnesia Pancasila' yang menghinggapi sebagian masyarakat kita dapat berubah menjadi 'Saya Pancasila'," pungkasnya.

 

Ketua DPR Apresiasi Hadirnya UKP-PIP

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata