logo


Fadli Zon Masih Pertanyakan Target Pembentukan UKP Pancasila

Fadli juga mengatakan pembentukan unit kerja tersebut bukan hal yang baru lagi.

7 Juni 2017 16:21 WIB

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon JITUNEWS/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, mengatakan pihaknya masih akan menanyakan maksud pembentukan Unit Kerja Presiden-Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) yang Kepala dan Dewan Pengarahnya sudah dilantik oleh Presiden Jokowi hari ini, Rabu, tanggal 7 Juni 2017.

Fadli juga mengatakan pembentukan unit kerja tersebut bukan hal yang baru lagi. Sebelumnya, sudah pernah dibentuk pembinaan sejenis, seperti Badan Pembina Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (BP7) pada era Presiden Soeharto dan Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Pancasila (P4).

"Saya lihat itu memang hak Presiden untuk membentuk itu, tapi nanti akan kita tanyakan targetnya. Apa yang diharapkan pemerintah (dari pembentukan tersebut)," ucap Fadli, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (7/6).


Terpilih Jadi Kepala UKP Pancasila, Ini Rencana Yudi Latief

Terkait keterlibatan Megawati Soekarnoputri dalam UKP-PIP, Fadli menilainya wajar saja, lantaran Megawati dan Presiden Jokowi bernaung di bawah bendera partai yang sama.

"Ya tentu preferensi dari Presiden Jokowi sebagai kader PDIP ya. Lebih mengutamakan ketua umumnya. Menurut saya wajar saja. Soal nanti dewan tersebut dapat bekerja sesuai harapan atau tidak ya kita lihat nanti saja," katanya lagi.

Meski demikian, Fadli tetap mengapresiasi langkah Presiden Jokowi dan pemerintah dalam membentuk unit kerja khusus tersebut guna mengembangkan pembinaan ideologi Pancasila bagi segenap bangsa Indonesia. 

Ternyata Ini Alasan Din Syamsuddin Batal Jadi Dewan Pengarah UKP Pancasila

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari