logo


Arab Saudi Tunggu Qatar Ambil Langkah yang Benar

"Kami pikir itu tidak baik. Qatar harus menghentikan kebijakan-kebijakan ini agar mereka bisa berkontribusi pada stabilitas Timur Tengah," lanjutnya

7 Juni 2017 14:33 WIB

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubeir.
Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubeir. Reuters

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sejauh ini sudah ada 8 negara yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Ke 8 negara tersebut adalah Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab (UAE), Mesir, Yaman, Libya, Maladewa, dan Mauritania. Mereka menuding Qatar mendukung aksi terorisme dan dinilai campur tangan urusan internal negara lain.

Dilansir oleh Reuters, Rabu (7/6), Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel Al-Jubeir, mengatakan ingin melihat Qatar untuk memenuhi janji-janjinya yang disampaikan beberapa tahun belakangan ini.

"Kami ingin melihat Qatar melaksanakan janji-janji yang disampaikannya beberapa tahun ke belakang, terkait dukungannya bagi kelompok-kelompok ekstremis, media yang penuh permusuhan dan mencampuri urusan negara lain," ujar Al-Jubeir saat berkunjung di Paris, Prancis.


Qatar Airways 'Haram' Terbang dan Mendarat di Arab Saudi

"Kami pikir itu tidak baik. Qatar harus menghentikan kebijakan-kebijakan ini agar mereka bisa berkontribusi pada stabilitas Timur Tengah," lanjutnya.

Al-Jubeir enggan menyebutkan langkah apa yang diinginkan Arab Saudi kepada Qatar. Pihaknya percaya bahwa akal sehat dan logika akan meyakinkan Qatar untuk mengambil langkah yang tepat. Dengan adanya pemutusan hubungan diplomatik dari beberapa negara sudah sangat merugikan Qatar sendiri.

"Kami percaya bahwa akal sehat dan logika akan meyakinkan Qatar untuk mengambil langkah yang benar. Keputusan-keputusan yang telah diambil sangat kuat dan akan berdampak sangat besar bagi Qatar dan kami yakin warga Qatar tidak ingin terus menanggung dampak itu," jelas Al-Jubeir.

Trumph Simpulkan Kesan Mendukung Qatar Terisolasi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata