logo


Mentan Kirimkan 10 Pompa Air untuk Lahan Tadah Hujan di Sumenep

Amran terkejut melihat hamparan pertanian di desa Jrengik daerah ruas jalur Sumenep menuju Sampang, yang sudah mulai mengering dan tidak dimanfaatkan petani.

7 Juni 2017 12:41 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam kunjungan kerjanya di Jawa Timur.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam kunjungan kerjanya di Jawa Timur. dok. Kementan

SUMENEP, JITUNEWS.COM - Dalam kunjungan kerja di Jawa Timur, Menteri Pertanian Amran Sulaiman tiba-tiba berhenti di tengah jalan. Hal itu terjadi saat rombongan Mentan melakukan perjalanan dari Sumenep menuju Bangkalan, Jawa Timur.

Amran terkejut melihat hamparan pertanian di desa Jrengik daerah ruas jalur Sumenep menuju Sampang, yang sudah mulai mengering dan tidak dimanfaatkan petani.

"Saya kok melihat ada yang kurang ini," katanya kepada Plt Bupati Sampang, Fadhil Budiono, yang saat itu berada satu mobil dengan Mentan, demikian dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com, Rabu (7/6).


Edhy Prabowo Bantah Bakal Gantikan Amran Sulaiman Sebagai Mentan

Pandangan mata Amran langsung tertuju ke lahan sawah yang mulai mengering. Dia pun menanyakan kondisi lahan tambah tanam tersebut.

"Ini tadah hujan sawahnya pak Menteri," kata Fadhil dan membuat Amran langsung geleng-geleng.

"Ada sungai di sini? Jaraknya jauh tidak?," ucap Amran langsung dijawab dengan lugas oleh Fadhil, "Ada 200 meter pak.”

Respons cepat langsung ditunjukkan Menteri asal Sulawesi Selatan tersebut dan seketika memanggil anak buahnya. Amran meminta agar Kementan mengirimkan 10 pompa air untuk menyedot air sungai menuju persawahan.

"Kalau tunggu hujan sekali setahun. Ini sumber air dekat, nanti sebelum subuh saya minta pompa airnya sudah datang ke sini,” tegas Amran.

Menurut Amran, dengan adanya pompa air maka air sungai bisa langsung dibawa ke sawah tadah hujan tersebut.

"Jangan cuma sekali panen, nanti kalau ada pompa air bisa dialiri sawah ini, jadi bisa panen sampai tiga kali setahun, kami bantu pak Bupati," ujarnya.

Amran menegaskan, langkah yang dilakukannya merupakan pesan langsung dari Presiden untuk hadir di tengah masyarakat Indonesia, apalagi saat membutuhkan.

"Saya tidak mau janji, ini sesuai pesan bapak presiden, saya langsung realisasikan kebutuhan akan pompa air ini," tandasnya.

Sontak warga dan pejabat Pemkab Sampang bersorak dan bertepuk tangan dengan respon cepat Amran tersebut. Mereka percaya dan yakin komitmen untuk Indonesia Swasembada pangan diwujudkan benar-benar oleh pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Amran Sulaiman Wajibkan Pejabatnya Simpan Kertas Sumpah di Dompet

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan