logo


Siang Nanti, Jokowi Akan Lantik Dewan Pengarah UKP Pancasila, Salah Satunya Megawati

Adapun, alasan dilantiknya para tokoh nasional itu, kata Sidarto, salah satunya karena mereka dianggap telah memberikan pengaruh terhadap penanaman nilai-nilai pancasila kepada masyarakat.

7 Juni 2017 01:11 WIB

Presiden Jokowi dan Presiden ke-5 Megawati berbincang bersama wartawan, Senin (21/11).
Presiden Jokowi dan Presiden ke-5 Megawati berbincang bersama wartawan, Senin (21/11). Setpres/Jay

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Sidarto Danusobroto, mengatakan, sejumlah tokoh nasional dipastikan akan dilantik menjadi anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) yang dibentuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (7/6) siang nanti.

Sejumlah tokoh nasional akan dilantik, diantaranya adalah Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Maruf Amin.

Selain itu, terdapat mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, dua mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafi'i Maarif dan Din Syamsudin. Kemudian, Yudi Latief akan dilantik sebagai Kepala UKP-PIP.


Tokoh Muda Tegas Pancasila Sebagai Wadah Persatuan Bangsa

"Saya baca begitu (Megawati). Ada Pak Try juga. Buya Maarif, ada Din Syamsuddin. Saya dengar dan baca begitu," ungkap Sidarto kepada awak media di Jakarta, Selasa (6/6).

Adapun, alasan dilantiknya para tokoh nasional itu, kata Sidarto, salah satunya karena mereka dianggap telah memberikan pengaruh terhadap penanaman nilai-nilai pancasila kepada masyarakat.

"Ya, mereka adalah tokoh-tokoh yang selama ini menjiwai dan membumikan Pancasila sebagai perekat bangsa. Tokoh-tokoh itulah yang menjadi panutan kita di bidang Pancasila," tukas Sidarto.

Mantan Ketua MPR itu kemudian mengatakan, lembaga baru ini akan setingkat lembaga kementerian yang salah satu tugasnya merumuskan arah kebijakan umum pembinaan ideologi Pancasila untuk kemudian diimplementasikan kepada masyarakat.

"Jabatan (Kepal UKP - PIP) setingkat menteri," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, sempat menunjukkan kertas berisi 9 nama Dewan Pengarah dan 1 nama kepala UKP-PIP. Namun, dia enggan mengonfirmasi seluruh nama itu akan dilantik hari ini.

"Ada 9 orang. Enggak usah namanya sekarang. Besok biar surprise," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/6) kemarin.

Adapun, 9 nama yang tercantum dalam kertas yang ditunjukan Pratikno diantaranya adalah:

1. Megawati Soekarnoputri

2. Jenderal TNI (purn) Try Sutrisno

3. Muhammad Mahfud MD

4. Syafi’i Ma’arif

5. KH Ma’ruf Amin

6. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin

7. Andreas Anangguru Yawenoe

8. Mayjen TNI (purn) Wisnu Bawa Tenaya

9. Sudhamek

10. Yudi Latief

Lebih jauh, Pratikno tidak mau membenarkan semua nama yang ditunjukkan akan dilantik. Dia tidak yakin, nama-nama yang tercantum itu draft yang sudah direvisi atau belum.

"Tapi sebagian itu benar," cetus dia.

Generasi Muda Indonesia Banyak Tidak Kenal Pancasila

Halaman: 
Penulis : Riana