logo


Fahri Hamzah Dukung Fatwa MUI Soal Penggunaan Medsos, Ini Alasannya

Fatwa tersebut dapat dijadikan pedoman bagi para pengguna media sosial yang saat ini seolah sudah lepas kontrol dengan gerakan jari-jarinya.

6 Juni 2017 15:18 WIB

Fahri Hamzah.
Fahri Hamzah. dok. Dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, menyambut baik fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) soal tata cara menggunakan media sosial yang telah diterbitkan pada hari Senin, 5 Juni 2017 lalu. Menurutnya, fatwa tersebut dapat dijadikan pedoman bagi para pengguna media sosial yang saat ini seolah sudah lepas kontrol dengan gerakan jari-jarinya.

Fahri juga berharap masyarakat dapat dididik dengan baik dalam menggunakan media sosial. "Pemerintah harus mendidik masyarakat. Selain itu pemerintah sebaiknya menggandeng MUI. Hoax itu mengerikan sekali," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/6).

Tanggapan Fahri tersebut bukan tanpa dasar. Belum lama ini masyarakat Indonesia memang sedang gemar-gemarnya memberikan komentar maupun tanggapan terkait isu tertentu. Akan tetapi, tidak semua komentar yang disampaikan bernada positif: ada yang menyebar kabar bohong (hoax) dan ada pula yang tega menyebar fitnah.


Ketua KPAI: Fatwa MUI Cegah Orang Tidak Unggah Ujaran Kebencian

"Edukasi untuk masyarakat oleh pemerintah itu perlu," katanya lagi.

Sebelumnya, MUI memang telah menerbitkan fatwa tentang pedoman penggunaan media sosial. Fatwa itu kemudian diserahkan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara untuk ditindaklanjuti.

Ketua Umum MUI, KH Ma'ruf Amin menilai bahwa media sosial itu sebenarnya ada manfaat dan sosialnya.

"Kebencian dan permusuhan itu marak melalui medsos. Penggunaan medsos yang merusak itu bahaya bagi agama Islam. Bagi Ulama kerusakan itu harus ditolak. Bahaya itu harus dihilangkan," tegas KH Ma'aruf kepada Jitunews.com, di Gedung Utama Kementerian Kominfo Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (5/6) malam.

Menurut KH Ma'aruf, kewenangan yang ada pada MUI di antaranya mengeluarkan fatwa berupa muamalah melalui medsos. Oleh karena itu berbagai keputusan yang bersifat hukum sebagai pedoman, harus dibuat rekomendasi.

Fahri Hamzah Dikabarkan Jadi Jubir Gantikan Fadjroel Rachman, Ahli: Lebih Cocok Buat Debat Kusir

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari