logo


UU ITE Tidak Cukup Meng-cover Masalah Etika dan Hukum di Medsos

Menurut Asrorun, di Indonesia juga belum ada lembaga khusus yang melakukan pengawasan terhadap percakapan, peredaran, dan penyebaran produksi konten di medsos.

6 Juni 2017 01:28 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) periode 2014-2017, Dr. H.M. Asrorun Ni’am Sholeh, MA., mengungkapkan bahwa secara realita UU ITE tidak cukup meng-cover terhadap permasalahan baik etika dan hukum yang muncul di media sosial (medsos).

Menurut Asrorun, di Indonesia juga belum ada lembaga khusus yang melakukan pengawasan terhadap percakapan, peredaran, dan penyebaran produksi konten di medsos.

"Nah ini penting untuk dirumuskan dalam rangka literalisasi pemanfaatan media sosial untuk hal-hal yang baik. Medsos itu bermanfaat untuk kepentingan e-commerce, jual beli online dan pertemanan itu secara nyata serta memberikan manfaat," ujar Sekretaris Fatwa MUI ini kepada Jitunews.com, di Jakarta Pusat, Senin (5/6) malam.


KH Ma'ruf Amin Sebut Sumber Konflik Masalah Bangsa Berasal dari Medsos

Namun demikian, kata ia, di sisi yang berbeda penyebaran ujaran kebencian di medsos juga nyaris tanpa kontrol hukum. 

"Di sini pentingnya regulasi formal untuk mengatur itu. Tidak hanya memberikan hukuman tapi juga mengedukasi literalisasi," sambungnya.

Selanjutnya, jelas Asrorun, bagi orang sudah yang sudah paham terkait etika di medsos, maka penegakan hukum bisa dimulai.

Asrorun pun berharap seluruh elemen masyarakat harus berkontribusi dalam melakukan pencegahan. Nah, di sinilah, kata dia, nilai strategis Fatwa MUI tentang 'Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Medsos' sebagai nilai bakti Ulama sekaligus tanggung jawab keagamaan dari MUI.

"Yang pasti Fatwa ini disusun serta dibahas atas dasar pengukuhan tanggung jawab agama dalam merespon sosial kemasyarakatan. Faktanya penyalahgunaan medsos yang mengancam ketahanan sosial itu ada di tengah masyarakat," tandasnya.

Ketua KPAI: Fatwa MUI Cegah Orang Tidak Unggah Ujaran Kebencian

Halaman: 
Penulis : Ferro Maulana, Riana