logo


Pansus RUU Pemilu Sepakat Tambah Komisioner KPU RI dan Bawaslu

Rapat keputusan digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (5/6), dengan mengundang perwakilan pemerintah yaitu Mendagri Tjahjo Kumolo dan perwakilan Kemenkeu

5 Juni 2017 18:58 WIB

Ahmad Riza Patria.
Ahmad Riza Patria. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Panitia khusus (Pansus) RUU Pemilu sepakat untuk penambahan komisioner KPU dan Bawaslu di tingkat pusat. Dalam rapat tersebut menyepakati penambahan komisioner KPU RI menjadi 11 dan komisioner Bawaslu RI menjadi 9. 

"Ada penambahan komisioner KPU dari 7 jadi 11 dan Bawaslu dari 5 jadi 9," ujar wakil ketua Pansus RUU Pemilu, Ahmad Riza Patria, Senin (5/6).

Rapat keputusan digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (5/6), dengan mengundang perwakilan pemerintah yaitu Mendagri Tjahjo Kumolo dan perwakilan Kemenkeu.  


Pembahasan RUU Pemilu Alot, Anggota Pansus Akui Ada Lobi Politik

"Pertimbangan karena pemilu ke depannya jauh lebih sulit pilpres dan pileg serentak. Lalu ada konflik seperti pilkada yang perlu penanganan lebih baik," kata Riza.

Selain itu, dalam rapat juga mengambil keputusan untuk menambah eselon 1 di KPU dan Bawaslu.

"Kita juga menambah eselon 1 di KPU dan Bawaslu supaya kesetjenan lebih kuat. Kita berharap pengambilan keputusan lebih cepat," ujarnya.

Diduga Ada Kepentingan Politik Dibalik Molornya Pembahasan UU Anti-Terorisme, Anggota Pansus: Tidak Benar

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata