logo


Trik Jitu Atasi Godaan Belanja Online

Kebiasaan berbelanja online yang tak bisa dihentikan akan membuat masalah baru dalam keuangan anda, sebaiknya lakukan pencegahan dengan tips berikut ini secara psikologi.

5 Juni 2017 15:55 WIB

Ilustrasi belanja online.
Ilustrasi belanja online. vulcanpost.com

JAKARTA, JITUNEWS.COMMudahnya berbelanja online membuat sebagian orang memilih untuk memenuhi kebutuhannya melalui belanja online. Dampak buruknya, jika terlalu dimudahkan maka seseorang akan terjebak dalam kebiasaan berbelanja secara praktis.

Untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut, Jitunews.com punya trik jitu secara psikologi agar seseorang tidak tergoda untuk terus menghabiskan uang dengan berbelanja online.

1. Bayangkan dalam bentuk tunai.


Cara Jitu Belanja Online Agar Tak Tertipu Pedagang Bodong

Tip yang satu ini cukup bagus dilakukan pada saat Anda ingin berbelanja secara online. Misalnya ada satu baju dengan harga Rp 750.000 di gantung, bayangkan jika di samping gambar itu terdapat uang tunai sebesar Rp 750.000, apa yang akan Anda ambil? Baju ataukah uang tunai?

Kebanyakan orang akan mengambil uang tunai dibandingkan baju yang ada pada gambar tersebut.

2. Perbandingan jam kerja dan penghasilan yang diperoleh untuk membeli barang.

Bayangkan berapa jam Anda bekerja untuk mendapatkan sebuah barang yang sangat Anda inginkan. Misalnya saja, sebuah jam tangan cantik dihargai Rp 800.000, coba ingat kembali berapa jam Anda harus bekerja untuk memperoleh uang seharga jam tangan tersebut.

Jika dalam satu jam Anda bekerja dibayar dengan jumlah uang Rp 50.000, maka Anda harus bekerja selama 16 jam. Pertanyaannya, apakah Anda rela bekerja selama itu guna mendapatkan satu barang?

Tips Cermat Belanja Online Saat Ramadhan

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari