logo


PLN Nego BBG dengan Pertamina untuk MVPP Onur Sultan

evaluasi tersebut menyangkut harga jual gas yang diterima PLN untuk pembangkit yang masih berada di kisaran US$ 10,5/MMBTU.

5 Juni 2017 09:10 WIB

Kapal Pembangkit Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan bersandar di Pelabuhan Belawan Medan.\n
Kapal Pembangkit Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan bersandar di Pelabuhan Belawan Medan. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Direktur Regional Sumatera PT PLN, Amir Rosidin, mengatakan bahwa PLN tengah mengevaluasi harga BBG (bahan bakar gas) dengan Pertamina yang akan digunakan untuk Kapal Pembangkit Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan.

Evaluasi tersebut menyangkut harga jual gas yang diterima PLN untuk pembangkit masih berada di kisaran US$ 10,5/MMBTU.

"Kita masih evaluasi harga dengan Pertamina untuk harga gas yang akan kita gunakan. Saat ini memang kita masih pakai BBM untuk kapal ini karena MVPP ini memiliki kemampuan dual fuel yang dapat menggunakan BBM jenis heavy fuel oil (HFO) dan juga BBG. Kita berharap evaluasi ini bisa menurunkan harga gas agar kita dapat memaksimalkan penggunaan gas untuk listrik yang lebih hemat ketimbang BBM," ujarnya, Minggu (4/6).


PLN Garap PLTMG 50 MW untuk Sumbawa

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara, HT Erry Nuradi, meminta langsung kepada Anggota DPD RI, Parlindungan Purba, untuk memperjuangkan harga gas yang dikeluhkan PLN ini.

"Tujuannya adalah agar jangkauan dan layanan atau biaya pokok listrik lebih murah ke masyarakat. Kita minta dan berharap kepada Pak Parlindungan agar memperjuangkan hal ini bersama Pak Presiden dan Pak Menteri ESDM tentunya. Ini harapan kita bersama untuk Sumut," terangnya.

Kapal MVPP Onur Sultan dengan panjang 300 meter dan lebar 50 meter ini memiliki mesin PLTD buatan Wartsila berkapasitas 18,81 MW/unit dengan jumlah total 24 unit dan mesin PLTU dengan kapasitas 2 x 15 MW.

Dengan masuknya tambahan daya 240 MW dari MVPP, maka daya sistem Sumbagut menjadi 2.287 MW dengan perkiraan beban puncak tertinggi 2.075 MW. Hal ini membuat sistem Sumbagut memiliki cadangan daya sekitar 212 MW.

"Saya harap tidak ada lagi pemadaman, seperti keluhan masyarakat Medan selama ini apalagi saat puasa. Ini menjadi perhatian saya dan saya sampaikan juga kepada PLN agar menjadi PR buat mereka," cetus Wali Kota Medan, HT Dzulmi Eldin.

Pertamina EP Catat Laba Bersih USD192 Juta hingga April

Halaman: 
Penulis : Garry Talentedo Kesawa, Ratna Wilandari