logo


Ironi Soal UU Anti Terorisme

Langkah melawan terorisme adalah langkah bersama semua elemen bangsa Indonesia untuk menjadikan Indonesia ini negara yang aman dan damai

4 Juni 2017 13:43 WIB

Peneliti Kajian Strategis Intelijen UI, Ridlwan Habib.
Peneliti Kajian Strategis Intelijen UI, Ridlwan Habib. Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Peneliti Kajian Strategis Intelejen UI, Ridlwan Habib mengatakan bahwa sangat ironi kalau anggota pansus hanya terus berkutat dan memperdebatkan soal UU Antiterorisme sementara sampai saat ini banyak nyawa manusia yang hilang akibat serangan terorisme.

"Seharusnya anggota dewan bisa melihat betapa nyatanya serangan yang dilakukan oleh terorisme saat ini dan itu yang membuat mereka merasa didorong untuk segera mengesahkan UU Antiterorisme tersebut," kata Ridlwan Habib, Sabtu (3/6).

Lebih lanjut, Ia mengatakan pada saat ini jumlah anggota masyarakat yang sudah terperangkap dengan paham terorisme ini sudah cukup banyak. Hal ini sangat nyata dari banyaknya intensitas serangan bom bunuh diri di Indonesia.


Panglima TNI: Teroris Musuh Seluruh Komponen Bangsa Indonesia

"Kita harus menyadari bahwa masalah terorisme ini makin marak di Indonesia, dan aksinya dari tahun ke tahun terus terjadi," lanjutnya.

Menurutnya dengan melihat setiap fenomena yang ada seharusnya menjadi dasar bagi semua elemen bangsa termasuk anggota dewan menyadari bahwa betapa pentingnya dan betapa urgennya UU Antiterorisme tersebut.

Lebih lanjut, Ia juga menyayangkan maraknya paham di masyarakat yang mengatakan bahwa setiap langkah melawan terorisme adalah langkah melawan Islam. Ia menegaskan bahwa paham tersebut tidak benar, karena Islam dan terorisme itu sangat berbeda.

Maka menurutnya langkah untuk memerangi pelaku teror bukanlah hanya semata tugas pemerintah dalam hal ini pihak kepolisian tetapi lebih dari itu, langkah melawan terorisme adalah langkah bersama semua elemen bangsa Indonesia untuk menjadikan Indonesia ini negara yang aman dan damai.

Mantan Terpidana Teroris Ini Dukung Pembahasan UU Anti Terorisme

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Aurora Denata