logo


Mentan: Dengan Membuka Lahan 60 Ribu Hektar, Masalah Bawang Putih Bisa Diatasi

Selain mengembangkan produksi dengan menyediakan lahan dan menyediakan benih untuk petani, Amran juga berjanji akan menjaga harga bawang putih baik di tingkat petani maupun di pasar.

31 Mei 2017 15:26 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, mengatakan, untuk mengatasi masalah harga dan produksi bawang putih saat ini pihaknya sudah menyiapkan lahan sekitar 60 ribu hektar.

“Kita sudah siapkan lahan 60 ribu hektar dan sudah di petakan di sejumlah daerah di Tanah Air. Jadi kalau target menanam bawang putih di atas lahan 60 ribu hektar ini bisa kita jalankan, maka masalah bawang putih bisa segera kita atasi,” beber Amran di Jakarta, Rabu (31/5).

Amran menyebutkan, sejumlah daerah yang menjadi fokus pengembangan bawang putih, diantaranya daerah Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Jawa Tengah daerah Temanggung, Kabupaten Enrekang di Sulawesi Selatan, Solok di Sumatera Barat.


Terus Lakukan Gebrakan, Mentan: Kejayaan Swasembada Bawang Putih Akan Kembali Terulang

Ia pun mengatakan bahwa daerah-daerah tersebut sudah diidentifikasi dan sangat potensial dalam mengembangkan bawang putih

“Kita sudah siapkan benihnya, benih bukan benih impor tetapi kita produksi sendiri,” cetusnya.

Selain mengembangkan produksi dengan menyediakan lahan dan menyediakan benih untuk petani, Amran juga berjanji akan menjaga harga bawang putih baik di tingkat petani maupun di pasar.

Ia menyebutkan bahwa produksi bawang putih dalam negeri saat ini hanya mencapai 20 ribu ton per tahunnya. 

“Ini sangat kecil hanya bisa memenuhi kebutuhan 5 persen dari konsumsi masyarakat. Tetapi sebenarnya negeri kita bisa memproduksi bawang putih hingga 100 persen, dan ini yang akan kita targetkan ke depan,” ujarnya.

Amran menjelaskan bahwa logika sederhana yang meyakinkan dirinya akan mencapai swasembada bawang putih adalah, saat ini lahan untuk komoditas padi hanya 15 juta hektar, jagung 6 juta hektar berarti 21 juta hektar. 

“Dengan lahan 21 juta hektar kita bisa swasembada untuk 2 komoditas pangan, apa lagi kalau kita bangun lahan hingga 60 ribu hektar, maka masalah bawang putih bisa selesai,” pungkas Amran.

Sambangi TTIC, Mentan Minta Harga Bawang Putih Rp29.000/kg

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana