logo


Waspadai Ascaridia galli pada Burung Peliharaan

Ascaridia galli merupakan cacing yang sering menimbulkan kerugian ekonomik tinggi

10 Desember 2014 15:22 WIB

Burung yang terinfeksi Ascaridia galli dalam jumlah besar akan kehilangan darah, mengalami penurunan kadar gula darah, dll. FOTO : ISTIMEWA
Burung yang terinfeksi Ascaridia galli dalam jumlah besar akan kehilangan darah, mengalami penurunan kadar gula darah, dll. FOTO : ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ada banyak cacing yang  bisa menyerang bangsa burung dan unggas, yakni cacing pita (unggas besar) dan cacing bulat (banyak menyerang burung). Salah satu jenis cacing yang banyak menyerang burung adalah Ascaridia galli, yang memang selain berparasit pada jenis unggas seperti kalkun, itik dan angsa, juga pada burung.

Ascaridia galli merupakan cacing yang sering menimbulkan kerugian ekonomik tinggi, sebab cacing ini menimbulkan kerusakan parah selama bermigrasi pada fase jaringan dari stadium perkembangan larva. Siklus hidup Ascaridia galli tidak memerlukan hospes intermediar, dan menular melalui pakan, air minum atau bahan lain yang tercemar oleh kotoran atau feses yang mengandung telur infektif.

Burung yang terinfeksi Ascaridia galli dalam jumlah besar akan kehilangan darah, mengalami penurunan kadar gula darah, peningkatan asam urat, atrofi timus, gangguan pertumbuhan, dan peningkatan mortalitas.


Tips Memilih Hewan Kurban

Gejala­-gejala burung cacingan adalah kelihatan lesu dan pucat, mafsu makan berkurang, beraknya mencret, berlendir dan berwarna keputih­putihan seperti kapur, sayap menggantung dan warna bulunya kusam, serta kalau anakan, pertumbuhan badan akan terlambat.

Karenanya, bagi Anda pecinta burung, sebaiknyaselalu menyediakan obat cacing khusus untuk unggas seperti AscariStop yang terdapat zat aktif piperazin citrate yang memang dibuat dan dikemas untuk burung.

Piperazin citrate memiliki efek narkotika sehingga cacing dapat dikeluarkan dalam keadaan hidup oleh adanya peristaltic usus burung. Dan penggunaannya bisa kita lakukan sendiri selama kita menurut petunjuk yang diberikan di dalam kemasan

 

Berternak Ayam Kampung Super

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana