logo


Sisi Lain Rizieq Shihab, Sang Cucu Nabi Muhammad SAW

Siapa yang tak kenal Rizieq Shihab? Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu kini menjadi buah bibir masyarakat dalam beberapa bulan belakangan.

30 Mei 2017 15:11 WIB

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Siapa yang tak kenal Rizieq Shihab? Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu menjadi buah bibir masyarakat dalam beberapa bulan belakangan. Puncaknya adalah saat Rizieq ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan chat panas dengan Firza Husein yang sudah ditetapkan sebagai tersangka lebih dahulu oleh Polda Metro Jaya.

Kasus itu memang menyita perhatian publik di tanah air. Ada yang percaya ada pula yang menilai kasus tersebut adalah upaya kriminalisasi terhadap pria yang saat ini berusia 51 tahun tersebut. Untuk soal itu, biarkanlah proses hukum melalui jalur pengadilan yang membuktikannya nanti.

"Melihat Pernyataan Lawyer Rizieq, Kita Hanya Tertawa Terbahak-bahak"


2 Penembak Laskar FPI Divonis Bebas, Pa 212: Terkesan Dagelan

Rizieq dikenal sebagai seorang habib. Di Indonesia memang menyebut seseorang yang memiliki garis keturunan dari Nabi Muhammad sebagai seorang habib.

Kicauan Aa Gym Soal 'Menuhankan Manusia' Ini Sindiran untuk Pendukung Habib Rizieq?

Jitunews mencoba mencari sumber nasab (garis keturunan) Rizieq Shihab hingga sampai kepada Nabi Muhammad SAW. Berikut adalah nasab pria dengan nama lengkap Muhammad Rizieq Shihab tersebut: Muhammad Rizieq Shihab bin Husein bin Muhammad bin Husein bin Abdullah bin Husein bin Muhammad bin Syeikh bin Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad Syihabuddin Al-Asghar bin Abdurrahman Al-Qadhi bin Ahmad Syihabuddin Al-Akbar bin Abdurrahman bin Syeikh Ali bin Abu Bakar As-Sakran bin Abdurrahman As-Segaf …bin Muhammad Maulad Daawilah bin Ali bin Alwi Ibnul Faqih bin Muhammad Al-Faqihil Muqaddam bin Ali Walidil Faqih bin Muhammad Shahib Murbath bin Ali Khala’ Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa An-Naqib bin Muhammad Djamaluddin bin Ali Al-Uraidhi bin Ja’far As-Shadiq bin Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husein As-Sibth bin Ali bin Abi Thalib wa Fathimah Az-Zahra binta Rasulullah Muhammad SAW.

Duh, Anak Bungsu Jokowi 'Minta Proyek' dan Sindir Pawai Obor!

Masa kecil Rizieq dihabiskan di Jakarta. Ia bersekolah di SMP Kristen Bethel Pejompongan, Jakarta Pusat dan SMA di Petamburan. Lulus SMA, Rizieq kemudian melanjutkan studinya di Universitas Raja Saud, Arab Saudi.

Rizieq Jadi Tersangka, Ketum MUI Bilang Begini..

Rizieq Shihab mendeklarasikan berdirinya Front Pembela Islam (FPI) pada tanggal 17 Agustus 1998. Front Pembela Islam (FPI) adalah sebuah organisasi massa Islam yang berpusat di Jakarta. Selain beberapa kelompok internal yang disebut oleh FPI sebagai sayap juang, FPI juga memiliki kelompok Laskar Pembela Islam, kelompok paramiliter dari organisasi tersebut yang "kontroversial" karena melakukan aksi-aksi penertiban terhadap kegiatan-kegiatan yang dianggap maksiat atau bertentangan dengan syariat Islam terutama pada masa Ramadan.

Andi Narogong: Saya Diomelin, Saya Dimaki-maki, Saya Dilempar Piring Sama Pak Irman

FPI mulai dikenal sejak terjadi Peristiwa Ketapang, Jakarta, pada tanggal 22 November 1998, sekitar 200 anggota massa FPI bentrok dengan ratusan preman. Bentrokan bernuansa suku, agama, ras, dan antar-golongan ini mengakibatkan beberapa rumah warga dan rumah ibadah terbakar serta menewaskan sejumlah orang.

Dijadikan Tersangka, Rizieq Marah Besar!

Pada tanggal 30 Oktober 2008, Habib Muhammad Rizieq Shihab divonis 1,5 tahun penjara karena dinyatakan bersalah terkait penyerangan terhadap massa Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan atau AKKBB pada Insiden Monas 1 Juni.

Bersyukur Eksepsinya Ditolak, Habib Bahar Akan Buktikan Ucapannya soal Habib Rizieq Benar

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan