logo


Kebutuhan Ramadhan Naik, BI Siapkan Uang Tunai Hingga Rp 250 T

Perputaran uang terbesar akan ada di pulau jawa dan sumatera karena aktivitas terbesar ada di wilayah tersebut.

30 Mei 2017 08:56 WIB

Logo Bank Indonesia.
Logo Bank Indonesia. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pada saat ramadhan, tentu kebutuhan tingkat konsumtif masyarakat meningkat drastis. Hal itu yang membuat Bank Indonesia (BI) akan menaikkan uang tunai sebesar Rp 250 T.

Menurut Direktur Pengelolaan Uang BI, Decymus, perputaran uang terbanyak akan berada di wilayah Sumatera, DKI Jakarta, dan Provinsi yang ada di Pulau Jawa. Hal tersebut terjadi karena aktivitas terbanyak berada di wilayah-wilayah itu.

"Kami juga menyiapkan uang tunai tambahan untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri hingga Rp 250 Triliun di tahun ini," ujarnya.


Indonesia Raup Transaksi Potensial USD 5,6 Juta di NRA Show 2017

Jika dibandingkan dengan tahun kemarin, uang tunai dari BI mengalami peningkatan sebesar 14%. Sementara itu, pada saat jelang lebaran uang yang banyak diminati masyarakat adalah uang kecil dibandingkan dengan nominal yang besar.

Pihaknya berharap, dengan penambahan uang tunai tersebut transaksi yang dilakukan bisa mengalami kenaikan dua digit. Selain transaksi secara tunai, hal yang mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah transaksi non-tunai seperti ATM dan Kartu Kredit.

Tips Sehat Jalani Puasa Ramadhan

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari