logo


Bosan Jadi Pegawai? Lakukan 'Business Plan' Berikut Ini!

Hal utama saat akan melakukan rencana bisnis adalah 'just do it', jangan terlalu banyak angan dan rencana.

29 Mei 2017 08:16 WIB

Ilustrasi Business Plan
Ilustrasi Business Plan istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COMRencana membangun sebuah bisnis memang bukan patokan bisnis anda akan lancar hingga akhir. Setidaknya, business planning akan membuat anda mengenal lebih dekat tentang strukturisasi perusahaan yang akan dibangun.

Selain itu, catatan dalam business plan anda akan menjadi pantauan seberapa besar keinginan untuk segera membuka peluang bisnis. Berikut ini yang harus anda ketahui saat akan membuat rencana bisnis.

1. Rencana Eksekutif


Wih! 3 Jenis Investasi Jangka Pendek Ini Sangat Menguntungkan Lho..

Rencanakan bisnis di bidang apa yang ingin anda kembangkan bersama dengan rekan-rekan pemegang saham lainnya.

2. Ketahui Strukturisasi

Setelah memutuskan untuk membuka bisnis, anda harus mengetahui hierarki dalam perusahaan seperti siapa yang akan menjadi pemegang saham, pendamping, konsultan, dan semua orang yang berada di balik bisnis anda.

3. Analisis Sumber Daya Manusia

Bagi sebagian para pebisnis, SDM merupakan hal yang yang remeh. Kendati demikian, orang-orang yang ada di perusahaan harus mempunyai kualitas SDM yang baik guna menunjang kecepatan bisnis.

5. Analisis Keuangan

Selanjutnya ada analisis keuangan. Anda harus menganalisis berapa modal yang dikeluarkan, berapa pendapatan dan pengeluaran saat menjalankan bisnis.

6. Resiko

Terakhir, anda harus siap dengan berbagai macam resiko karena memang seseorang yang membangun karier terutama di bidang bisnis mempunyai jalan yang cukup berliku sesuai dengan keadaan pasar.

Cara Terbaik Hemat Uang Saat Mudik Lebaran 2017

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari