logo


3 Jenis Olahraga Ini Bisa Dilakukan Saat Puasa

Saat menjalankan ibadah puasa, olahraga juga sangat penting dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh.

29 Mei 2017 06:21 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. lagizi.com

JAKARTA, JITUNEWS.COMBerolahraga harus tetap dilakukan meski masih menjalankan ibadah puasa agar badan tetap bugar sampai waktu berbuka puasa. Jangan lakukan olahraga yang terlalu berat karena akan menghabiskan banyak energi. 

Saat puasa, sebaiknya lakukan olahraga ringan saja. Hal itu dibenarkan oleh dr.Edwin Tanihaha, SpKK, Dermatologis di Rumah Sakit Siloam, Jakarta Selatan. Menurutnya, pilihan olahraga berat tidak dianjurkan lantaran akan membuatmu dehidrasi.

"Saat berpuasa, hindari olahraga berat yang malah membuat kamu cepat berkeringat dan dehidrasi," ujarnya.


Berikut Ini Penggunaan Obat yang Tidak Membatalkan Puasa

Sementara itu, ada beberapa alternatif olahraga ringan yang bisa dilakukan pada saat menjalankan ibadah puasa. Berikut Jitunews.com sudah merangkumnya dari berbagai sumber.

1. Yoga

Olahraga ringan yang pertama adalah yoga karena tidak perlu banyak mengeluarkan energi. Yoga sangat bagus dilakukan untuk membakar kalori dalam tubuh. Kendati demikian, tak usah khawatir dehidrasi karena dengan gerakan yang tak terlalu keras maka tak akan membuatmu banyak berkeringat.

2. Jalan Santai

Setelah santap sahur dan menjalankan ibadah salat subuh, sebaiknya lakukan olahraga ringan dengan berjalan santai. Hal ini tidak akan membuatmu mengekuarkan banyak keringat. Hanya dengan berjalan santai, otot tubuh akan ikut bergerak dan membuat jantung semakin sehat.

3. Bersepeda

Bersepeda memang terkadang menguras energi. Namun, yang dianjurkan di sini adalah melakukan olahraga sepeda santai. Olahraga ini dianjurkan agar dilakukan sore hari menjelang buka puasa.

3 Jenis Makanan Ini Wajib Dikonsumsi Saat Sahur

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari