logo


3 Jenis Makanan Ini Wajib Dikonsumsi Saat Sahur

Saat menjalankan ibadah puasa, tentunya tubuh membutuhkan asupan makanan yang bergizi tinggi agar kuat menjalankan ibadah di bulan ramadhan ini.

29 Mei 2017 05:02 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COMMemilih menu saat sahur akan berpengaruh pada energi yang akan dihasilkan pada saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. Makanan yang mengandung serat, vitamin, dan protein tinggi tentu saja dianjurkan untuk dikonsumsi.

Dilansir dari drOzIndonesia, ada tiga jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur karena mengandung banyak bahan yang baik bagi kesehatan tubuh saat menjalankan ibadah puasa.

1. Makanan dengan karbohidrat kompleks


Berikut Ini Penggunaan Obat yang Tidak Membatalkan Puasa

Pada saat menjalankan ibadah puasa, tentu saja tubuh membutuhkan asupan makanan yang mempunyai energi tahan lama hingga waktu berbuka puasa tiba. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks menjadi pilihan utama untuk santap sahur agar energi bisa bertahan lama hingga waktu berbuka. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ini antara lain, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu, dan kedelai.

2. Makan kurma saat sahur

Tak hanya bagus sebagai santapan saat berbuka puasa, ternyata buah satu ini juga bagus ketika dimakan saat santap sahur. Ya, kurma merupakan buah dari tanaman phalma yang masuk dalam genus phoenix.

Kurma memiliki kelebihan mudah dicerna, mempunyai kandungan serat dan gula alami, dan sebagai sumber energi. Kelebihan kurma tersebut menjadikan buah ini cocok untuk disantap saat berbuka puasa maupun sahur.

3. Minum banyak air putih

Selanjutnya, minuman wajib ketika sahur adalah air putih. Minuman ini dipercaya lebih menyehatkan dibandingkan dengan teh atau kopi. Minuman teh atau kopi memang menyimpan banyak energi. Namun, energi akan cepat habis jika kedua minuman itu kita konsumsi saat sahur.

Jangan Anggap Sepele, Telat Makan Malam Sebabkan 4 Risiko Ini

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari