logo


Bagi Pasangan Baru, Ini 5 Cara agar Cepat Hamil

Kehamilan hanya dapat terjadi apabila terjadi pembuahan sperma dan sel telur.

10 Desember 2014 12:01 WIB

Ibu hamil (istimewa)
Ibu hamil (istimewa)

JITUNEWS.COM - Kehadiran seorang anak pasti menjadi hal yang sangat dinanti oleh kebanyakan pasangan pengantin baru. Bagi yang beruntung, tidak lama setelah menikah sang istri langsung dinyatakan hamil. Namun, tidak sedikit pasangan harus lebih bersabar untuk menunggu kehadiran sang buah hati.

Bagi Anda yang sedang menunggu kehadiran seorang anak, mungkin 5 hal ini dapat Anda lakukan sebagai upaya mencapai kehamilan. Berikut adalah 5 tips yang dapat Anda dan pasangan lakukan agar cepat hamil dan mendapatkan seorang anak.

1. Ketahui Masa Subur
Kehamilan hanya dapat terjadi apabila terjadi pembuahan sperma dan sel telur. Pada wanita, sel telur hanya akan keluar selama 3—4 hari di masa subur. Untuk itu, sangat penting bagi Anda seorang wanita untuk menghitung dan mencatat siklus menstruasi. Umumnya, masa subur seorang wanita akan terjadi di hari ke 12—16 setelah hari pertama haid terakhir.

2. Aturlah Waktu Berhubungan Intim
Kondisi terbaik sperma adalah yang dikeluarkan setidaknya dua sampai 3 hari sekali. Terlalu sering berhubungan akan membuat kualitas sperma yang dikeluarkan tidak maksimal. Sperma pria sendiri dapat hidup hingga 72 jam di dalam tuba falopi wanita. Jadi, walaupun tidak setiap hari, tetap besar kemungkinan terjadi kehamilan melalui sperma yang berdiam di tuba falopi hingga beberapa hari.

3. Jaga Pola Hidup Sehat
Hal ini sangat penting. Kesuburan seseorang, baik pria atau wanita sangat ditentukan oleh pola makan dan hidupnya. Sebaiknya, hindari konsumsi alkohol dan stop merokok apabila Anda sudah sangat menginginkan seorang anak.

4. Hindari Stres
Stres dapat membuat gagalnya proses ovulasi pada wanita. Ketika stres, kondisi kesehatan seluruh tubuh akan sangat mungkin ikut terganggu. Hindari juga aktifitas yang berlebihan hingga membuat tubuh sangat kelelahan.

5. Periksa dan Konsultasi dengan Dokter
Dengan berkonsultasi dengan dokter, Anda akan lebih mudah mengetahui apa yang harus dilakukan. Dengan mengetahui apa yang kurang  dari kondisi tubuh Anda dan pasangan, pemilihan metode treatment juga akan lebih fokus dan efektif.

 


Jangan Buru-buru Dibuang, Ini Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui

Ramai Beredar Air Kelapa Campur Jeruk Nipis Basmi Corona, Ini Faktanya

Halaman: 
Penulis : Hasballah