logo


Inilah Ta'jil Paling Diburu Mendekati Waktu Berbuka Puasa

Ta'jil sendiri berasal dari bahas arab dengan tasrifan ‘ajjala– yu’ajjilu–ta’jilan' yang memiliki makna menyegerakan atau cepat-cepat.

27 Mei 2017 15:16 WIB

Pedagang melayani konsumen yang membeli makanan untuk berbuka puasa di pasar takjil Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.
Pedagang melayani konsumen yang membeli makanan untuk berbuka puasa di pasar takjil Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Dok. Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kenikmatan terdalam dari mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa adalah saat waktu berbuka tiba. Terdengarnya azan Magrib di situlah saatnya umat muslim menyantap makanan yang sudah mendarat di atas meja makan.

Namun sebelum menyantap menu besar seperti nasi, ayam goreng, daging, sayur dan lain sebagainya adalah lumrah bagi masyarakat muslim tanah air berbuka puasa dengan menyantap ta'jil.

Ta'jil sendiri berasal dari bahas arab dengan tasrifan ‘ajjala– yu’ajjilu–ta’jilan' yang memiliki makna menyegerakan atau cepat-cepat. Dalam konteks puasa Ramadhan, segera berbuka, tidak menunda-nunda buka puasa jika sudah waktunya berbuka. Menyegerakan berbuka termasuk amalan sunah yang berpahala.


Disarankan untuk Berbuka dengan Kurma, Ini Loh Alasannya

Setelah menu ta'jil sukses membatalkan puasa, biasanya umat Islam langsung menunaikan ibadah Shalat Magrib dan dilanjutkan dengan menyantap hidangan utama atau makan besar.

Berikut ini adalah tujuh ta'jil yang paling diburu di Indonesia kala waktu berbuka segera tiba.

1. Gorengan
Siapa yang tak gemar dengan makanan yang satu ini? meskipun gorengan memberikan dampak yang tidak baik pada kesehatan jika dikonsumsi secara berlebih, nyatanya masyarakat Indonesia masih menggemarinya hingga saat ini.

Aneka jenis gorengan yang paling diincar oleh orang-orang saat berbuka puasa adalah seperti tempe, bakwan, tahu isi, bakwan jagung, molen, risol, dan sebagainya.  Agar lebih nikmat, biasanya gorengan dihidangkan bersamaan dengan teh manis baik dingin maupun hangat

2. Teh Manis 
Mulai dari yang manis sampai tawar, hangat hingga dingin, yang di gelas sampai yang disajikan di botol, minuman ini tetap menjadi minuman favorit bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.
Selain sederhana cara membuatnya, minuman ini juga banyak ditemui di warung pinggiran jalan. Sehingga cocok jadi pilihan mereka yang berbuka saat di jalan.

3. Kolak
Rasanya pasti ada yang kurang kalau enggak buka puasa dengan kolak. Menu yang satu ini sudah menjadi ta'jil paling favorit sejak dulu. Pada umumnya, kolak itu berisi pisang, tapi banyak juga orang yang menambahkan isi lain sesuai dengan seleranya, Seperti ditambah kolang kaling, nangka, ubi, atau labu.

Apapun isinya, kuah santan kolak yang manis bener-bener bisa memanjakan perutmu saat buka puasa.

4. Bubur Sumsum
Bubur yang terbuat dari tepung beras ini juga banyak ditemui di saat Ramadhan. Teksturnya sangat lembut ketika dimakan. Bahkan rasa manis dari gula arennya cocok sebagai menu berbuka puasa. Karena mampu membantu menambahkan energimu setelah berpuasa seharian.

5. Es Blewah
Selain es teh manis, es blewah juga menjadi salah satu minuman favorit untuk mengawali berbuka puasa. Selain manis dan segar, kamu juga bisa dapatkan manfaat kesehatannya jika mengonsumsi es blewah. Karena bahan utama es ini berasal dari buah Blewah yang kaya dengan vitamin A dan C.

Jika ingin merasakan sensasi segar yang lebih untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa , kamu bisa tambahkan serutan daging kelapa. Cara pengolahannya pun cukup sederhana. Sehingga kamu dan keluarga bisa mengolahnya sendiri di rumah, tanpa harus membeli.

6. Es Cendol
Es cendol juga minuman yang cukup mendapatkan hati di kalangan penikmatnya. Hal ini bisa dilihat saat 10 sampai 15 menit jelang waktu berbuka.

Biasanya pedagang-pedagang es cendol di kios maupun gerobak pinggir jalan kewalahan menanggapi antrean order para calon pembeli yang sudah menunggu sejak lama.

7. Puding
Makanan yang kenyal ini juga menjadi salah satu takjil yang banyak digemari orang-orang di Indonesia. Selain teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis, makanan ini pun banyak mengandung serat sehingga baik dikonsumsi untuk membantu masalah pencernaan selama berpuasa.

Selain itu, berbuka dengan puding juga membuat perut jadi adem sehingga puding sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang bermasalah dengan lambung.

Untuk memperkaya rasa puding, kamu bisa menambahkan sedikit fla, susu atau butiran cokelat.

Nah, segara berburu sekarang juga ta'jil mana yang ingin anda santap saat waktu berbuka puasa tiba. Biasanya, dua jam sebelum azan Magrib berkumandang antrean sudah melingkar.

Gorengan Sehat Untuk Menu Buka Puasa

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah