logo


Di Hadapan Pemimpin Uni Eropa Trump Sebut Mobil Buatan Jerman Jelek

Trump memang sejak masa kampanyenya dikenal suka menyerang produsen mobil luar Amerika. Dia ingin setiap mobil yang dijual di Amerika, diproduksi pula di Amerika.

27 Mei 2017 14:51 WIB

Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. REUTERS

BRUSSEL, JITUNEWS.COM - Aksi kontroversi yang dilemparkan Presiden AS Donald Trump masih berlanjut. Terbaru, dalam pertemuan tingkat tinggi NATO di Brussel, Trump menyatakan bahwa negaranya bakal menyetop penjualan produk otomotif buatan Jerman.

Setidaknya ucapan Trump yang bakal menghentikan penjualan mobil buatan Jerman di negaranya dinyatakan di hadapan banyak pemimpin Uni Eropa.

"Mobil Jerman sangat jelek, lihat jutaan mobil yang mereka jual di Amerika, kami akan menghentikan penjualan," demikianlah ucapan Trump seperti yang dikutip dari harian Jerman, Der Spiegel yang menjadi kontroversi.


Serangan Kimia di Suriah Dibalas Trump dengan 59 Rudal Tomahawk

Sementara itu, media Jerman lainnya, ZDF, menggambarkan keputusasaan Trump terhadap perekonomian negaranya jika dibandingkan dengan Jerman. Ucapan Trump yang menjelek-jelekan obil buatan Jerman rupanya disebabkan neraca tidak seimbangnya neraca perdagangan Jerman dan Amerika. Jerman memiliki surplus neraca ketimbang Amerika, itu berarti barang-barang buatan Jerman termasuk mobil lebih banyak yang disuplai ke Amerika ketimbang sebaliknya. Impor mobil Jerman merupakan yang paling tinggi yakni 12 persen dari semua impor Amerika dari Jerman.

Mungkin nilai ekspor Jerman ke Amerika yang lebih tinggi ketimbang sebaliknya juga jadi motivasi Trump meledek Jerman di hadapan para pemimpin Uni Eropa. Jika angka ekspor Jerman ke Amerika mencapai USD 252 miliar, namun ekspor Amerika ke Jerman hanya USd 122 miliar.

Trump memang sejak masa kampanyenya dikenal suka menyerang produsen mobil luar Amerika. Dia ingin setiap mobil yang dijual di Amerika, diproduksi pula di Amerika.

Produsen mobil Jepang seperti Toyota kena getahnya. Bos Toyota kemudian mendatangi pemerintah AS untuk mengklarifikasi kalau mereka memiliki investasi yang besar di Amerika.

Trump pun sempat mengkritik BMW, Daimler dan VW karena tidak memproduksi mobil lebih banyak di Amerika.

"Jika Anda ingin membangun mobil di dunia, saya harapkan yang terbaik untuk anda. Anda bisa membuat mobil untuk Amerika, tapi setiap mobil yang datang ke Amerika, Anda harus bayar pajak 35 persen," ujar Trump seperti dilansir Reuters.

Namun seperti dilansir dari Jalopnik, Trump di satu sisi suka mobil Rolls-Royce. Rolls-Royce sendiri merupakan mobil yang dibuat oleh BMW.

Foto Ayah Memeluk Bayi Kembarnya yang Tewas, Trump Pilih Membom Suriah

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah