logo


Sst...Ada Pabrik Coklat Baru di Gresik

Sedangkan kapasitas pabrik mencapai 70.000 metrik ton.

10 Desember 2014 11:32 WIB

produksi kakao nasional
produksi kakao nasional

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jelang akhir tahun, PT Cargill semakin ekspansif. Mereka pun membangun pabrik coklat baru di Gresik Jawa Timur. Tak Tanggung-tanggung total investasi yang disiapkan dalam pembangunan pabrik ini mencapai  US $ 100 juta.

Dengan adanya pabrik baru itu, diharapkan tercipta sekitar 300 lapangan kerja baru. Sedangkan kapasitas pabrik mencapai 70.000 metrik ton.

President Cargill Cocoa and Chocolate Business di Eropa Timur Tengah, Asia, dan Afrika, Jos de Loor, Rabu, (10/12) mengatakan, pembangunan pabrik kakao merupakan jenis liquor dan butter yang berkualitas tinggi. "Pabrik ini akan memproduksi bubuk kakao premium bermerek Gerkens dan akan menjadi pabrik terbesar se-Asia Tenggar," katanya.


Di Luwu, Mentan Amran Lakukan Program Peremajaan Rempah dan Kakao, Seperti Apa?

Menurutnya, dengan pembangunan pabrik tersebut diharapkan akan mampu memenuhi kebutuhan coklat di Asia khususnnya konsumen di tanah air. "Untuk itu kami akan terus berinovasi dan memberikan nilai tambah terhadap produk. Apalagi kami telah membeli biji kakao dari Indonesia sejak 1995 dan berkomitmen untuk mendukung produksi pertanian berkelanjutan," ujarnya.

Selanjutnya, pasokan biji kakao berasal dari Sulawesi. Untuk itu  pihaknya siap membangun mitra dengan bekerjasama dengan para petani setempat.

Jos de Loor optimistis pabrik baru dapat memperkuat sekaligus mendukung produksi kakao yang berkelanjutan di Indonesia. Bahkan sebagai bagian dari Cargill Cocoa Promise yakni komitmen global perusahaan untuk memperbaiki kesejahteraan para petani, keluarga, dan masyarakat mereka.

 

Petani Diminta Kerja 24 Jam, Demokrat: Edan!

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid