•  

logo


Mentan: Kita Gaungkan Rasa Optimis di Sektor Pertanian

Mentan menjelaskan bahwa sampai saat ini Indonesia sudah tidak melakukan impor beras

24 Mei 2017 23:04 WIB

Mentan saat lakukan gerakan tanam Bawang Putih di Dusun lebak Daya desa Sembalun Lawang, Lombok Timur provinsi NTB, Rabu (24/5).
Mentan saat lakukan gerakan tanam Bawang Putih di Dusun lebak Daya desa Sembalun Lawang, Lombok Timur provinsi NTB, Rabu (24/5). Jitunews/Siprianus Jewarut

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan bahwa untuk bisa mengembangkan sektor pertanian, perlu ada gema positif yang selalu di gaungkan ke masyarakat.

"Jangan hanya yang negatif terus yang diangkat, hampir semua komoditas saat ini sudah tidak impor hal itu kurang di gaungkan, giliran bawang putih impor naik itu yang kemudian diangkat," kata Amran Sulaiman saat melakukan tanam bawang putih di lombok timur, Rabu (24/5).

Mentan menjelaskan bahwa sampai saat ini Indonesia sudah tidak melakukan impor beras. "Ini sebuah kesuksesan besar, selama 33 tahun kita melakukan impor beras dan sekarang dalam 2 tahun kita sudah tidak impor beras lagi dan harga stabil," katanya.


Terus Lakukan Gebrakan, Mentan: Kejayaan Swasembada Bawang Putih Akan Kembali Terulang

Selain itu, Mentan juga mengungkapkan bahwa selain beras komoditas jagung juga sudah bisa dikendalikan impornya.

"Jagung juga saat ini sudah tidak ada impor, sebelum-sebelumnya impor dan sekarang sudah kita hentikan karena produksi kita naik," ujarnya.

Selain itu untuk bawang merah produksi saat ini sudah terus meningkat dan bahkan sudah berlebih.

Hanya tinggal bawang putih yang kita tingkatkan produksinya. "Insyaallah 2 sampai 3 tahun ke depan produksi bawang putih kita akan meningkat," katanya.

Menurut mentan harus ada rasa optimis dalam membangun sektor pangan dan rasa optimis tersebut yang semakin meningkatkan usaha dan kerja di sektor pangan.

Jelang Ramadhan, BPOM Gencar Lakukan Pengawasan Makanan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Aurora Denata