logo


Restrukturisasi Pertamina, Elia Massa: At The Right Place, At The Right Person

Restrukturisasi merupakan satu proses yang berkesinambungan yang dilakukan secara bertahap.

24 Mei 2017 19:28 WIB

Dirut Pertamina Elia Massa Manik.
Dirut Pertamina Elia Massa Manik. Dok. Tirto.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Direktur PT Pertamina (Persero), Elia Massa Manik, mengatakan bahwa restrukturisasi merupakan satu proses yang berkesinambungan yang dilakukan secara bertahap. Hal ini diperuntukkan anak perusahaan yang hingga kini masih di mapping.

“Kemarin anak perusahaan sudah kita kumpulkan, lalu kita meminta kepada semua kawan-kawan di anak perusahaan, unit bisnis kita untuk mapping. Mereka harus menemukan apa saja area perbaikan dan ukuran agar dia lebih baik. Lalu mereka membuat prioritas. Kita sudah minta 8 prioritas dari hasil mapping ini,” ujarnya di Kantor Pertamina Pusat, Jakarta, Rabu (24/5).

Setelah itu, lanjut Elia, selesai mapping lalu akan dikumpulkan di aper bagian baik di pemasaran pengolahan maupun di hulu. Hal ini dilakukan agar sasaran lebih terukur dan juga kedepannya menjadi clear.


Harga Minyak Mentah Volatile, Produksi Migas Pertamina Tumbuh 6%

“Untuk itu kawan-kawan harus melakukan benchmarking, misalnya di pengolahan. Kan tiap proses pengolahan itu clear jadi misalnya dari crude jadi produk pertamax atau premium itu melalui beberapa proses. Dan kita ingin tahu dimana cost paling besar dan bagaimana kita improvenya. Improve ini agar kita lihat apa mau investasi agar lebih efisien,” terangnya.

“Misal kita lagi melakukan improvement kilang misal di Balikpapan, nanti kapastiannya akan naik dan kita akan lihat sinerginya. Ide dari restrukturisasi ini adalah pengelolaan yang lebih terintegrasi. Kalau akuisisi hulu kita lihat jenis minyaknya cocok nggak dengan kebutuhan kilang kita,” lanjutnya.

Didalam organisasi PT Pertamina, Elia juga menerapkan restrukturisasi ini dengan penempatan manpower atau at the right place at the right person yang sesuai dengan kompetensinya.

“Kita sedang review, kita tidak ingin orang itu terlalu lama di satu jabatan. Ini kan bukan pekerjaan yang selesai dalam satu hari. Terus terang ada yang jabatannya lama antara lima sampai enam tahun, nah itu yang sedang kita review,” paparnya.

Dalam hal ini, Elia menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan rotasi lebih dari 15 orang dalam dua bulan ini, baik di pemasaran, hulu, maupun di semua tempat.

“contoh baru itu kita lantik Direksi EP, mulai dari Dirut, Dirop, dan sebagainya. Kemudian di tempat pemasaran, kita juga sudah lakukan rotasi di level GM kita. Jadi kita sedang terus melangkah,” cetusnya.

Kuartal I 2017, Laba Bersih Pertamina Turun 25%

Halaman: 
Penulis : Garry Talentedo Kesawa, Ratna Wilandari