logo


PKS Dorong Agar Badan Cyber Nasional Segera Dibentuk

Dibentuknya Badan Cyber Nasional bukan untuk menekan kebebasan berekspresi di media sosial, namun lebih bagaimana melindungi pengguna internet (warganet).

24 Mei 2017 17:10 WIB

Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari.
Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari, mengatakan bahwa pihaknya sangat mendorong dibentuknya Badan Cyber Nasional yang telah digagas oleh Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

"Kita dorong agar segera dibentuk Badan Cyber Nasional, selama ini kan sektoral masing-masing kementerian dan lembaga juga ada. Jadi kita ingin terpadu, terintegrasi, agar tidak sektoral-sektoral," ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (24/5).

Politisi PKS ini menjelaskan dibentuknya Badan Cyber Nasional bukan untuk menekan kebebasan berekspresi di media sosial, namun lebih kepada bagaimana melindungi pengguna internet (warganet).


Tangani Hoax, Tugas Badan Cyber Nasional Dinilai Terlalu Mudah

"Arahnya bukan menekan kebebasan di sosmed, tapi bagaimana melindungi orang agar tidak dibully, kita boleh mengungkapkan pendapat tapi tidak boleh mengganggu orang, saya kira harus pada keseimbangan itu, bukan bebas tapi melanggar hak orang lain, bebas tapi bertanggung jawab," jelasnya.

Kendati demikian, Kharis mengaku belum dapat memastikan, apakah nantinya Badan Cyber Nasional ini akan bekerja sama dengan Badan Intelijen Nasional (BIN).

"Kita lihat perkembangan nanti, kami juga berharap ini segera dibentuk," tukasnya.

Wapres: Badan Cyber Nasional Lagi Digodok Pemerintah

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Vicky Anggriawan