logo


Wacana Pembentukan Densus Tipikor, Fadli Zon: Masyarakat Masih Percaya KPK

Meski mendukung pembentukan Densus Tipikor tersebut, Fadli mengaku masih meletakkan harapannya kepada KPK sebagai lembaga utama pemberantas korupsi.

24 Mei 2017 16:51 WIB

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon JITUNEWS/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pada rapat Komisi III DPR dengan institusi Polri, kemarin, hari Selasa, tanggal 23 Mei 2017, muncul wacana pembentukan Detasemen Khusus (Densus) yang bertujuan meningkatkan peran Polri dalam memberantas Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, mengatakan bahwa dahulu penanganan kasus-kasus korupsi memang berada di tangan Kepolisian dan Kejaksaan. Akan tetapi, lantaran keduanya dinilai tidak mampu melaksanakan kapasitas tersebut secara maksimal, dibentuklah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untung mengambil alih fungsi tersebut.

"Lalu kemudian dibentuk KPK ini, dengan harapan dapat menjadi lembaga independen yang mampu mempercepat pemberantasan korupsi," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/5/2017).


DPR Imbau Rakyat Kepung KPK untuk Ungkap Banyaknya Kasus Ahok

Terkait rencana pembentukan Densus Tipikor, Fadli merasa tidak masalah, asalkan jangan sampai dijadikan alat politik demi memenuhi kebutuhan-kebutuhan pihak tertentu. "Yang kita tidak mau itu jangan sampai penegakan hukum dijadikan alat politik, dan ajang tebang pilih yang selama ini sudah sering terjadi," ujarnya lagi.

Meski mendukung pembentukan Densus Tipikor tersebut, Fadli mengaku masih meletakkan harapannya kepada KPK sebagai lembaga utama pemberantas korupsi. Ia melihat kepercayaan dan apresiasi masyarakat masih tinggi terhadap KPK.

"Tingkat kepercayaan terhadap KPK masih tinggi. Terlebih lagi, saat ini Kepolisian sering dinilai tidak adil dalam menangani sejumlah kasus," katanya.

Novel Cs Penuhi Undangan Polri soal Sosialisasi Jadi ASN, PKS: Semoga Sepaham

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari