logo


Negara Bakal Tindak Tegas Oknum Dzolim yang Mainkan Harga Bawang

"Setelah ada penindakan, maka sekarang harga bawang sudah normal kembali," tukas Mentan.

24 Mei 2017 12:08 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Jitunews/Siprianus Jewarut

LOMBOK TIMUR, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman merasa geram pada setiap oknum yang sengaja bermain dengan harga pangan di pasar. Mentan menegaskan bahwa setiap langkah yang sengaja mempermainkan harga pangan adalah prilaku mendzolimi petani.

"Maka kalau ada prilaku yang mendzolimi petani akan kami tindak tegas dengan memberi hukuman yang tegas," demikian kata Mentan Amran Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja dan gerakan tanam bawang putih di Dusun lebak Daya, Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur provinsi NTB, Rabu (24/5).

Mentan menegaskan bahwa sikap tegas pemerintah saat ini dalam menjaga harga pangan sudah nyata dilakukan dengan menangkap setiap pelaku.


Menjelang Ramadhan, ABMI: Stok Bawang Merah Cukup

"Kalau kami temukan ada yang sengaja mempermainkan harga, langsung kami tangkap dan kai tindak tegas,"demikian kata Mentan.

Mentan juga menjelaskan bahwa beberapa waktu lalu satgas yang dibentuk pemerintah dalam menjaga harga pangan sudah melakukan penindakan terhadap pelaku penimbunan bawang putih yang terjadi di Jakarta. Mentan menegaskan bahwa dengan adanya langkah penindakan tersebut harga pangan di pasar sudah kembali stabil.

"Setelah ada penindakan, maka sekarang harga bawang sudah normal kembali," tukas Mentan.

Ia mengatakan bawa pada saat ini pihaknya tengah melakukan sejumlah langkah cepat guna menjaga kestabilan harga bawang putih. Pasalnya langkah peningkatan produksi menjadi salah satu strategi jitu yang akan terus didorong oleh pemerintah.

"Kita hanya membutuhkan lahan 60 ribu hektar tanaman bawang putih dan itu akan mampu memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat dan menekan harga bawang putih,"katanya.

Mentan menargetkan melalui gerakan tanam bawang putih ini, dalam waktu 2 sampai 3 tahun ke depan masalah fluktuasi harga bawang putih ini bisa teratasi.

"Target kita 2 sampai 3 tahun ke depan produksi bawah putih kita terus meningkat dan kita bisa kendalikan impor," tukas Mentan.

Atasi Ketergantungan Impor, Mentan Ajak Petani Tanam Bawang Putih

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah