logo


Belajar Dari Brexit, Pertamina Siapkan "Mobile" SPBU

"Titik-titik tersebut nantinya akan kita isi dengan layanan (Mobile SPBU) itu. Sehingga ini akan memudahkan masyarakat untuk membeli BBM di area itu," kata Muchammad Iskandar.

22 Mei 2017 20:29 WIB

Selang pengisian BBM.
Selang pengisian BBM. dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Upaya demi upaya terus dilakukan dan digalakkan oleh PT Pertamina (Persero) yang dalam hal ini mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang akibat antrean di SPBU saat bulan suci ramadan maupun hari raya idul fitri 2017.

Direktur Pemasaran Pertamina, Muchammad Iskandar, mengatakan bahwa pihaknya tak ingin kejadian di Brexit pada tahun lalu terulang kembali. Pada tahun ini, langkah antisipasi yang dilakukan oleh pihak Pertamina sudah cukup intens agar tidak terulang kejadian seperti tahun lalu.

"Pengalaman tahun lalu cukup mencekam di brexit. Tahun ini antisipasinya cukup intens, terutama bagaimana titik alternatif tol akan dibuka ke seluruh sektor. Sehingga jangan sampai ada penumpukan selama berjam-jam. Tentu bagi Pertamina adalah persiapan di titik pengisian BBM," ujarnya di Kantor Pertamina Pusat, Jakarta, Senin (22/5).


Pertamina Siapkan SPBU 'Mobile' untuk Pemudik

Meskipun beberapa ruas tol masih belum memiliki rest area, Iskandar menjelaskan bahwa nantinya Pertamina akan menggunakan portable layanan kemasan atau yang disebut juga Mobile SPBU.

"Titik-titik tersebut nantinya akan kita isi dengan layanan (Mobile SPBU) itu. Sehingga ini akan memudahkan masyarakat untuk membeli BBM di area itu. Di pos rest area yang dibangun kepolisian juga kita sudah bekerja sama untuk menaruh layanan penjualan BBM," terangnya.

Langkah antisipasi selanjutnya adalah dengan melakukan mekanisme contra flow. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan ruang gerak pada mobil tanki untuk dibawa ke area SPBU dan dengan pengawalan.

Selain itu, lanjut Iskandar, lokasi yang perlu diwaspadai adalah tempat wisata. Ini dikarenakan akan ada gejolak h+2 setelah lebaran nanti. Dimana akan banyak masyarakat beserta keluarganya yang bepergian ke tempat wisata yang sudah tersedia.

"nah, kita siapkan di tempat wisata yang rawan kemacetan, kita pakai pola yang jalur mudik dengan kantong bbm untuk supplynya. Termasuk kita standby kan SPBE dengan kondisi full untuk melayani konsentrasi. Agen pun juga demikian kita siapkan pangkalan siaga di titik tertentu, jangan sampai di lokasi tertentu itu pangkalannya mudik semua. Kita sampaikan agar ada pangkalan siaga agar layanan ke masyarakat bisa terlayani dengan baik," jelasnya.

Disisi lain, Iskandar mengaku telah menyiapkan armada sepeda motor untuk menjemput bola. Hal ini berdasarkan pantauannya saat melakukan kroscek di Cikampek untuk mencegah terjadinya kemacetan yang berkepanjangan. Ini semua tak lepas dari dukungan semua pihak untuk menjaga kegiatan ini supaya berjalan dengan sukses.

"Upaya pengamanan tidak terlepas dari koordinasi dengan seluruh instansi pemerintah, baik dari kepolisian, perhubungan, atau Jasamarga. Mudik sampai arus balik pun sudah kita persiapkan sebaik mungkin. Semua sudah konsolidasi bagaimana mengamankan pemudik agar warga kita bisa menikmati lebaran dan mudik dengan kemudahan tanpa hambatan apapun," pungkasnya.

Pertamina Pastikan Stok BBM Aman Selama Ramadan dan Lebaran

Halaman: 
Penulis : Garry Talentedo Kesawa, Ratna Wilandari