logo


Pertamina Siapkan SPBU 'Mobile' untuk Pemudik

Demi memenuhi kebutuhan masyarakat saat mudik lebaran, PT Pertamina (Persero) membuat fasilitas stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) bergerak atau mobile

22 Mei 2017 15:43 WIB

Selang pengisian BBM.
Selang pengisian BBM. dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Demi memenuhi kebutuhan masyarakat saat mudik lebaran, PT Pertamina (Persero) membuat fasilitas stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) bergerak atau mobile

"Jadi untuk antisipasi kejadian yang tidak terduga seperti tahun lalu, akhirnya kita tempuh dengan moda jemput bola. Pakai motor guna mengantarkan bahan bakar," kata Direkutur Pemasaran Pertaminan Muchammad Iskandar di Kantor Pertamina, Jakarta, Senin (22/5).

Pada saat macet, SPBU bergerak yang menggunakan motor akan lebih mudah menjangkau konsumen di jalan dibandingkan truk tanker.


Pertamina Siapkan Pasokan BBM Hingga 26 Persen di Jawa Tengah

Wilayah Jawa Tengah menjadi prioritas penjagaan distribusi bahan bakar secara mobile, seperti di Brebes, Batang, dan Cikampek. Pihak Pertamina juga sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, dan aparat kepolisian untuk membantu proses distribusi.

Selain sistem mobile, Pertamina juga mendirikan pos-pos BBM darurat di pinggir jalan, posko mudik, pos-pos polisi, dan rest area yang tidak memiliki SPBU.

Kebijakan tersebut dilakukan sebagai upaya Pertamina memudahkan para pemudik mendapatkan bahan bakar tanpa harus mendatangi SPBU selama perjalanan mudik. Tahun lalu, sejumlah SPBU sengaja ditutup oleh pihak berwajib karena menyebabkan antrean panjang dan menyebabkan kemacetan.

Menjelang Ramadhan, ABMI: Stok Bawang Merah Cukup

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata