logo


Menjelang Ramadhan, ABMI: Stok Bawang Merah Cukup

Ia berharap agar pemerintah juga bisa memfasilitasi agar proses pendistribusian bawang dari tingkat petani ke gudang-gudang di pasar bisa berjalan lancar.

22 Mei 2017 15:28 WIB

Pedangang mengayak bawang merah untuk memisahkan sisa-sisa kulit di pasar Kemiri, Depok (8/6).
Pedangang mengayak bawang merah untuk memisahkan sisa-sisa kulit di pasar Kemiri, Depok (8/6). Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia(ABMI) Juwari mengatakan bahwa ketersediaan bawang merah saat ini sudah cukup banyak dan cukup untuk memenuhi permintaan konsumen hingga menjelang bulan Ramadhan yang akan datang.

"Stok bawang merah kita cukup, kendati ada kenaikan permintaan di pasar, saya kira stok masih aman," demikian kata Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) Juwari saat dihubungi Jitunews.com, Senin(22/5).

Lebih lanjut, ia mengatakan penyebaran ketersediaan stok bawang merah tersebut menyeluruh di setiap gudang yang ada.

"Di gudang-gudang pedagang di pasar dan di petani juga masih cukup banyak bawang merah," demikian katanya.

Ia juga mengeluhkan langkah pendistribusian bawang merah dari tingkat petani ke gudang-gudang di pasar yang sedikit mengalami keterlambatan. Pasalnya karena lambannya proses distribusi, bawang petani banyak yang mengalami kebusukan.

"Kalau bawang itu sudah kena hujan, kemudian langkah distribusinya juga lambat, ya pasti busuk dan kualitasnya juga pasti terganggu," ujarnya.

Ia berharap agar pemerintah juga bisa memfasilitasi agar proses pendistribusian bawang dari tingkat petani ke gudang-gudang di pasar bisa berjalan lancar.

Oktober Besok, NTT Siap Ekspor Bawang Merah Organik ke Timor Leste

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah