logo


Pengamat: Kesuburan Tanah Memberi Kontribusi Besar pada Peningkatan Produksi Pangan

Pengamat pertanian Khudori mengatakan bahwa dalam upaya meningkatkan produksi di sektor pangan, faktor kesuburan tanah menjadi poin yang sangat penting

22 Mei 2017 12:01 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pengamat pertanian Khudori mengatakan bahwa dalam upaya meningkatkan produksi di sektor pangan, faktor kesuburan tanah menjadi poin yang sangat penting.

"Tanah pertanian kita saat ini sudah jenuh, tingkat kesuburannya sudah sangat rendah dan ini sangat berdampak pada produktivitas hasil pangan," kata Khudori dalam sebuah diskusi pangan di Jakarta, Senin (22/5).

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa terjadinya penurunan tingkat kesuburan tanah karena dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu yang memberi kontribusi besar adalah karena maraknya penggunaan pupuk kimia yang tidak teratur oleh masyarakat petani.


Mentan: Harga Bawang Putih Rp23.000/kg, Kalau Naik Berarti Ada yang Main-Main

"Petani kita di daerah tidak terlalu paham soal kriteria pemupukan yang baik dengan takaran tertentu. Mereka selalu berprinsip, semakin sering dilakukan pemupukan tanaman akan semakin baik dan produksi akan meningkat. Maka dampak lanjutnya adalah kadar kesuburan tanah akan terus menurun dari tahun ke tahun," katanya.

Terkait dengan adanya upaya pemerintah dalam hal ini kementerian pertanian dengan menambah luas tambah tanam. Menurutnya program tersebut sangat baik terutama dalam menyeimbangkan tingginya laju konfersi lahan maka ditambahi dengan pembukaan lahan baru.

Tetapi menurutnya langkah untuk mengembalikan kesuburan tanah menjadi hal yang sangat penting dan urgen untuk dikedepankan.

"Kita tau sampai saat ini sektor pertanian di Jawa masih mendominasi, sementara disisi lain tingkat kesuburannya terus menurun. Jadi adanya penambahan luas tambah tanam tidak akan mampu menggantikan turunnya produktivitas hasil di daerah Jawa," ujarnya.

Menurutnya hal yang urgen saat ini untuk dilakukan adalah bagaimana upaya untuk mengembalikan tingkat kesuburan tanah khususnya di daerah jawa. "Pemanfaatan pupuk organik menjadi salah satu solusi," tukasnya.

Permintaan Konsumsi Daging Naik 4 Kali Lipat, Elly Wasliah: Stok Daging Masih Cukup

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Aurora Denata